detikhealth

Jangan Dikerok! Nyeri Dada Seperti Ini Tandanya Sakit Jantung

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamis, 05/10/2017 16:17 WIB
Jangan Dikerok! Nyeri Dada Seperti Ini Tandanya Sakit JantungNyeri dada sering dianggap gejala masuk angin, padahal bisa berarti sakit jantung (Foto: thinkstock)
Jakarta, Kebiasaan masyarakat Indonesia yang terbiasa dikerok ketika merasa tidak sehat sudah dilakukan sejak dahulu kala. Termasuk ketika mengalami nyeri di dada, beberapa orang menganggapnya hal itu bisa hilang dengan dikerok.

Tapi jangan disepelekan, nyeri di bagian dada bisa menandakan gejala angina atau bisa disebut angin duduk. Gejala angina ini sering disamakan dengan istilah masyarakat yaitu masuk angin. Ini lah sebabnya, angina sering berakhir dengan kematian.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Isman Firdaus, SpJP, MD mengungkapkan bahwa suatu hal yang salah jika menemukan gejala seperti angin namun diatasi dengan dikerok.

"Angin duduk itu gejalanya ada rasa tidak nyaman di sekitar dada, punggung, pundak, seperti rasa tercekik dan panas... Jangan, salah kalau dikerokin," ujarnya kepada detikHealth, Kamis (5/10/2017).

Baca juga: Semakin Merah Hasil Kerokan Bukan Berarti Makin Bagus, Ini Alasannya

Pedangdut Ayu Ting Ting pernah kedapatan memiliki tanda merah seperti bekas kerokan di tengkuknyaPedangdut Ayu Ting Ting pernah kedapatan memiliki tanda merah seperti bekas kerokan di tengkuknya Foto: detikHot


Gejala angina atau angin duduk ini menyerupai gejala serangan jantung, yang jika didiamkan dapat bisa bisa membuat nyawa seseorang melayang begitu saja.

"Ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) untuk dilakukan perekaman listrik jantung dengan EKG (ektrokardiogram), akan kelihatan detak jantungnya abnormal tidak," saran dokter yang praktik di RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita.

Baca juga: Tanda Merah di Leher Ayu Ting Ting, Ini Artinya Jika Benar Bekas Kerokan

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit