detikhealth

Dikira Komedo, Dagu Wanita Ini Ternyata Ditumbuhi Kanker

Erika Kurnia - detikHealth
Jumat, 06/10/2017 12:05 WIB
Dikira Komedo, Dagu Wanita Ini Ternyata Ditumbuhi KankerIlustrasi kanker kulit di wajah. Foto: Instagram
Jakarta, Dagu memang sering menjadi tempat munculnya komedo-komedo nakal. Tapi, siapa sangka apa yang dikira komedo oleh wanita ini ternyata tumbuh menjadi tumor yang kemudian membuat lubang besar.

Wanita 35 tahun tersebut yang bernama Kari Cummins. Selama bertahun-tahun, ia sering menjemur dirinya di bawah sinar matahari, juga menggunakan tanning bed untuk membuat kulitnya gelap. Pada satu waktu, ia melihat adanya pertumbuhan aneh pada kulitnya. Tapi, ia hanya menganggapnya sebagai komedo biasa.

"Saya tadinya menduga itu adalah komedo atau jerawat dewasa yang aneh, karena saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Saya sendiri memiliki kulit yang bagus. Tanning bed pun baru saya coba pada usia dua puluhan dan awal tiga puluhan, sesekali," katanya, seperti dilansir Zeenews, Jumat (6/10/2017).

Baca juga: Dikira Darah Beku, Garis Hitam pada Kuku Ini Ternyata Kanker

Suatu hari ia pergi ke dokter karena tidak nyaman dengan titik di dagunya yang tumbuh tidak normal. Sejumlah tes pun kemudian menunjukkan bahwa itu adalah karsinoma sel skuamosa, sejenis kanker kulit yang bisa menyebar ke organ tubuh jika tidak diobati.

Bagian kulit yang abnormal di dagunya pun diangkat dan meninggalkan lubang sebesar dua koin yang membutuhkan 35 jahitan. Dari pengalamannya tersebut, Cummins pun mengingatkan orang-orang agar tidak cuek dengan segala perubahan abnormal di kulit dan menghindari paparan sinar UV secara berlebihan.

"Saya memang hanya berjemur sekali-sekali. Tapi, sekarang saya belajar bahwa kita tidak perlu banyak terpapar sinar UV, karena ini bisa mempercepat pertumbuhan karsinoma, terutama jika Anda memiliki kulit yang bagus," ungkapnya.

Baca juga: Ingin Lindungi Kulit dari Bahaya UV, Jangan Asal Pakai Tabir Surya(fds/fds)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit