detikhealth

Jaksa Agung Minta Perempuan Waspadai Kanker Serviks

Yulida Medistiara - detikHealth
Jumat, 06/10/2017 13:50 WIB
Jaksa Agung Minta Perempuan Waspadai Kanker Serviks Foto: Yulida Medistara
Jakarta, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan Agung menggelar bhakti sosial deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks. Jaksa Agung HM Prasetyo meminta perempuan untuk mewaspadai kanker serviks dan payudara.

"Ini suatu kegiatan yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi khususnya ibu-ibu. Dari ibu-ibu ini sering kali mereka begitu abai dengan kesehatannya sendiri mungkin ketidakmengertian. Selama nggak merasakan apa-apa ya sudah biarkan saja atau karena awam selama nggak merasa sesuatu yang perlu di waspadai dia nggak melakukan apa-apa," kata Prasetyo, di kantornya, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Jumat (6/10/2017).

Kegiatan itu dihadiri Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi dan Ketum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Ros Ellyana Prasetyo. Keduanya sempat meninjau salah satu kamar yang dilakukan untuk mendeteksi dini.

Prasetyo mengaku sebelum membuka acara tersebut sempat menelepon Menkes Nila F Moeloek untuk mengapresiasi dukungan Kemenkes dan BPJS, Nila pun disebut akan hadir pada pukul 11.00 WIB.

"Kita apresiasi dengan bu Nila. Acara ini nggak bisa dilakukan tanpa adanya dukungan dari Kemenkes. Kita harus apresiasi dan acungkan jempol ke ibu-ibu kita yang sungguh sungguh memperhatikan kesehatan Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Menikah di Usia Muda, Risiko Kanker Serviks Wajib Diwaspadai

Ia mengatakan kegiatan ini diikuti 700 peserta dan tidak dikenakan biaya. Sebelumnya kegiatan serupa juga pernah dilakukan di beberapa tempat di daerah Sumatera, Bali. Jika dalam kegiatan deteksi dini tersebut ada wanita yang terdeteksi kanker maka akan ditangani BPJS.

Prasetyo berharap agar wanita Indonesia sehat dan tidak melakukan deteksi dini terlambat. Lalu dia mencontohkan sosok artis Julia Peres yang sebenarnya memiliki eknomi yang mampu, tapi baru memeriksa ketika sakit sehingga kanker yang ditemukan stadium tinggi.

"Semoga meski semuanya sehat akan tidak terlambat akan lebih besar harapanya untuk segera disembuhkan. Berbeda kalau sudah lanjut, saya selalu terbayang bagaiman publik figur artis yang terkenal Julia Peres mungkin dia abai, karena tak mengerti dan akhirnya malas periksa sendiri. Yang terjadi setelah ada sakit stadiumnya tinggi sehingga hasilnya seperti itu," ungkapnya.

Ia berharap usai diperiksa deteksi dini kanker serviks san payudara wanita yang hadir sehat dan dapat merawat anaknya.

"Saya meyakini jika ibu-ibu sehat anak anak yang dilahirkan sehat dan ibunya itu sehat. Yang diperiksa organ vital ibu-ibu kita serviks kita semua tahu alat reproduksi. Payudara, untuk membesarkan anak-anak kita yang lahir akan sehat. Begitu ibu ibu sehat akan menjaga aktivitas dan produktivitasnya. Ini semua harus dilakukan sejak dini," kata Prasetyo.

Baca juga: Fenomena Nikahsirri.com dan Ancaman Bagi Kesehatan Reproduksi

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit