detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Celana Dalam Terlalu Ketat Bisa Bikin Istri Susah Hamil?

Jumat, 06/10/2017 16:35 WIB
Celana Dalam Terlalu Ketat Bisa Bikin Istri Susah Hamil?Celana dalam ketat bikin istri susah hamil/Foto: Thinkstock
Siang Dok, saya sudah menikah selama dua tahun. Namun istri saya tak kunjung hamil dan menurut istri saya ini karena celana dalam saya yang begitu ketat. Saya memang suka pakai celana dalam ketat dibandingkan boxer. Apakah benar Dok ada kaitan antara celana dalam dan kesuburan pria? Terimakasih.

A (Laki-laki 29 tahun)

Jawaban

Kehamilan terjadi bila sel jantan (spermatozoa) yang kualitasnya baik bertemu dengan sel betina (ovum) yang kualitasnya juga baik saat wanita dalam periode subur. Masih diragukan apakah celana dalam ketat yang Anda pakai telah mengganggu kesuburan buah zakar memproduksi sperma. Celana dalam ketat yang membuat suhu dalam buah zakar amat meningkat memang bisa mengganggu produksi sperma.

Disarankan, Anda dan istri berkonsultasi dengan klinik fertilitas, hingga bisa dilakukan pemeriksaan kualitas sperma Anda (jumlahnya, bentuknya dan pergerakannya). Juga patut pula diperiksa kesuburan sel betina (ovum) istri Anda.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit