detikhealth

Artikel 18+

Berapa Lama Idealnya Pasutri Berhubungan Intim? Ini Kata Seksolog

Suherni Sulaeman - detikHealth
Minggu, 08/10/2017 16:17 WIB
Berapa Lama Idealnya Pasutri Berhubungan Intim? Ini Kata SeksologMenurut seksolog, berhubungan seks yang paling penting bukan lama durasinya, melainkan tercapainya orgasme. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Salah satu misteri dan hal yang paling sering ditanyakan pasangan adalah berapa lamakah normalnya orang berhubungan seks dari awal sampai ejakulasi terjadi? Cukup berlangsung selama 5 menit? Atau sebaiknya 2 jam?

Pakar kesehatan seksual, dr Andri Wanananda MS menyebut bahwa dalam melakukan hubungan seks yang paling penting adalah bukan lamanya atau durasi, melainkan tercapainya orgasme oleh suami dan istri.

"Orgasme adalah puncak kenikmatan di mana keluar hormon endorphin dalam tubuh yang meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh dan merelaksasi tubuh," ujar dr Andri.

Baca juga: Benarkah Pria Lebih Banyak Memikirkan Seks?

Menurut ia, yang jauh lebih penting juga daripada durasi adalah melakukan foreplay yang cukup, mulai dari sesi pemanasan seperti ngobrol, berpelukan, berciuman atau melakukan hal intim lainnya hingga melakukan berhubungan seks.

"Kesimpulannya, durasi boleh 5 menit, 10 menit, 30 menit dan seterusnya, yang penting orgasme tercapai oleh suami dan istri," tandasnya.

Baca juga: Seks Tak Jadi Prioritas Pasutri Seiring Bertambahnya Usia, Normalkah?

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit