detikhealth

Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi

Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Sulit BAB Akibat Kurang Nafsu Makan, Bagaimana Solusinya?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 09/10/2017 11:20 WIB
Sulit BAB Akibat Kurang Nafsu Makan, Bagaimana Solusinya?Pria yang sulit BAB akibat kurang nafsu makan/Foto: thinkstock
Jakarta, Sudah hampir satu bulan ini saya nggak nafsu makan Mbak Leona. Saya hanya merokok dan mengonsumsi es krim. Kalau malam terkadang saya makan mi rebus karena nongkrong bareng teman-teman. Kemudian saya mulai sulit, maaf buang air besar (BAB). Pertanyaannya, makanan apa yang mesti saya konsumsi untuk menaikan nafsu makan saya agar BAB saya kembali normal. Saya kurang ingat apakah ada yang menyebabkan nafsu makan saya berkurang.

Zafril (Laki-laki, 26 tahun)

Jawaban

Hai Zafril,

Tentu akan sulit BAB karena konsumsi serat dan cairan yang berkurang. Setidaknya minum cairan (air putih, teh tawar) 1,5-2 L per hari. Merokok itu mengurangi nafsu makan. Jadi sebaiknya berhenti atau kurangi rokoknya.

Di awal, bisa coba mulai sarapan dengan biskuit khusus sarapan atau oats instant sachet (yang tinggal dicampur air panas).

Untuk makan malam, lebih baik makanan dari warteg setidaknya ada protein seperti ikan, telur, ayam, tempe maupun tahu dan ada sayurannya dibanding hanya mi instan.

Semoga membantu.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga https://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit