detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Suami Tak Puas Bercinta Sejak Istri Melahirkan Anak Kedua

Senin, 09/10/2017 18:05 WIB
Suami Tak Puas Bercinta Sejak Istri Melahirkan Anak KeduaKehadiran anak mungkin bisa berdampak pada kehidupan percintaan suami istri. (Foto: Thinkstock
Semenjak saya melahirkan anak kedua, suami saya selalu mengeluh tidak puas saat berhubungan intim. Apa yang terjadi Dok? Apakah ini dampak dari melahirkan secara normal? Dan bagaimana cara mengatasinya?

A (Perempuan, 34 tahun)

Jawaban

Setelah melahirkan anak kedua, sudah lazim perhatian seorang wanita tidak hanya pada kemolekan tubuhnya saja. Jelasnya, perhatiannya mulai terbagi, membaur kepada anak-anak yang dilahirkannya. Bagaimana memelihara anaknya, agar tumbuh sehat jasmani, mental dan rohaninya. Membaurnya perhatiannya ini membuat wanita tidak optimal menjaga, memelihara tubuhnya yang semula amat sensual, menggairahkan suaminya.

Selanjutnya, disarankan agar Anda memelihara organ organ reproduksi Anda, dengan melakukan exercise fisik secara regular, sertakan pula kaegel reflex agar otot otot dinding vagina tetap kenyal, cukup tidur, didukung oleh asupan gizi seimbang.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit