detikhealth

Perut Nggak Enak Saat Olahraga? Diet Seperti Ini Bisa Mencegahnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 10/10/2017 07:36 WIB
Perut Nggak Enak Saat Olahraga? Diet Seperti Ini Bisa MencegahnyaFoto: thinkstock
Jakarta, Gangguan pencernaan sering jadi masalah saat olahraga. Saat sedang panas-panasnya bergerak, mendadak perut mulas dan harus memenuhi 'panggilan alam'.

Selain tidak nyaman, keluhan seperti ini juga mengganggu ritme latihan. Manfaat yang diharapkan dari olahraga, jadi tidak maksimal.

Sebuah penelitian terbaru di Australia mengungkap cara jitu untuk mengatasinya. Menurut para ilmuwan, gangguan pencernaan saat olahraga bisa diatasi dengan memodifikasi pola makan.

Untuk mereka yang rajin olahraga, para ilmuwan menganjurkan diet yang rendah kandungan FODMAPS (fermentable oligosaccharide, disaccharide, monosaccharide and polyols). Ini adalah kelompok karbohidrat rantai pendek yang ditemukan antara lain pada gandum, bawang merah, susu, apel, dan kembang kol.

Baca juga: Olahraga Bisa Redakan Stres, Bahkan Tanpa Harus Berkeringat

Jenis karbohidrat ini tidak dicerna dengan baik di lambung. Ketika mencapai usus besar, karbohidrat ini difermentasikan oleh bakteri usus dan menghasilkan gas. Ini yang menyebabkan perut terasa tidak nyaman, dan kadang-kadang jadi kebelet buang air besar (BAB).

Untuk membuktikannya, Dana Lis dari University of Tasmania meneliti 11 pelari rekreasional. Setelah 6 hari mengamati diet dan berbagai keluhan yang muncul saat olahraga, Lis menyimpulkan bahwa modifikasi diet bisa mengatasi masalah tersebut. Demikian dikutip dari Livescience.

Baca juga: Kesalahan-kesalahan yang Bikin Perut Tak Pernah Bisa Six Packs

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit