detikhealth

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Infografis: Dampak Stres karena Pekerjaan Pada Kesehatan Tubuh

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Selasa, 10/10/2017 09:06 WIB
Infografis: Dampak Stres karena Pekerjaan Pada Kesehatan TubuhStres bisa berdampak pada keluhan fisik. Foto: infografis
Jakarta, Dalam Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tahun ini, tema yang diangkat adalah kesehatan jiwa pekerja di tempat kerja. Hal ini berdasarkan riset Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebut lebih dari 300 juta orang di dunia mengidap depresi dan 260 juta orang mengalami gangguan cemas akibat stres karena pekerjaan.

Dikatakan Ketua Pengurus Pusat Persatuan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PP-PDSKJI), dr Eka Viora, SpKJ, beban kerja yang terlalu berat, jam kerja yang panjang, serta suasana lingkungan kerja yang buruk merupakan tiga penyebab utama munculnya masalah kesehatan mental di tempat kerja.

"Beban kerja yang berat itu misalnya berlebihan dibandingkan rekan kerja yang lain dan tidak sesuai job deskripsinya. Sementara jam kerja yang terlalu panjang ya akibat dari beban kerja yang tidak terselesaikan di jam kerja normal," tutur dr Eka

Baca juga: 8 Ciri Kamu Mengalami Burnout karena Pekerjaan

Stres yang dialami di kantor tak hanya mengganggu kesehatan jiwa Anda. Pakar mengatakan stres juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh dan menyebabkan munculnya beragam penyakit fisik.

Penyakit fisik yang muncul karena stres dan masalah kejiwaan ini disebut sebagai gangguan psikosomatik. Tanda utamanya adalah rasa sakit yang dirasakan pasien namun dokter tidak menemukan adanya suatu gangguan, atau tidak sembuh meskipun sudah melakukan pengobatan.

"Misalnya sering pusing atau sakit perut, sudah bolak-balik ke dokter tapi tidak sembuh juga. Patut dicurigai ini penyakitnya karena stres dan masalah mental," tutur

Untuk mengetahui apa saja dampak negatif stres bagi kesehatan tubuh, simak infografis di bawah ini:

Infografis: Dampak Stres karena Pekerjaan Pada Kesehatan TubuhFoto: infografis
(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit