detikhealth

Puber Usia 4 Tahun, Bocah Ini Menopause di Usia 5 Tahun

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 10/10/2017 10:36 WIB
Puber Usia 4 Tahun, Bocah Ini Menopause di Usia 5 TahunIlustrasi: thinkstock
Jakarta, Sebuah kondisi langka membuat bocah ini mengalami perkembangan sistem reproduksi yang sangat dini. Bahkan di usia 5 tahun, ia sudah mengalami menopause.

Emily Dover, seorang bocah asal New South Wales di Australia mengidap Addison's Disease. Penyakit tersebut membuatnya puber sebelum waktunya. Di usia 4 tahun, payudaranya sudah tumbuh dan dalam 12 pekan berikutnya sudah bermasalah dengan bau badan.

"Dia bahkan tidak punya kesempatan menjadi gadis kecil," kata Tam, ibu Emily kepada The Mirror.

Meski lahir normal seperti bayi pada umumnya, Emily mengalami pertumbuhan yang relatif lebih cepat. Ukuran tubuhnya di usia 4 bulan sudah menyamai bayi umur setahun.

Di samping mengalami precocious puberty, atau sering disebut pubertas dini, Emily juga mengidap congenital adrenal hyperplasia, autisme, gangguan sensori dan kegelisahan.

Baca juga: Anak Perempuan di Australia Mulai Puber di Usia 8 Tahun

Untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang kompleks tersebut, Emily menjalani pengobatan untuk mempercepat menopause.

Dikutip dari Mayo Clinic, Addison's Disease merupakan gangguan yang terjadi pada produksi hormon di kelenjar adrenal. Disebut juga insufisiensi adrenal, penyakit ini bisa terjadi pada berbagai kelompok usia.

Raredisesases.org menyebut 1 dari 100 ribu orang di Amerika Serikat mengidap Addison's Disease. Prevalensi secara umum diperkirakan antara 40-60 orang tiap satu juta populasi umum.

Baca juga: 5 Efek Negatif Pubertas Dini: Terserang Stroke hingga Kanker

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit