detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Mengapa Miss V Cenderung Kering Ketika Berhubungan Intim?

Selasa, 10/10/2017 18:05 WIB
Mengapa Miss V Cenderung Kering Ketika Berhubungan Intim?Berhubungan intim dengan kondisi Miss V kering tentunya tidak nyaman. Simak penjelasan dokter soal Miss V yang kering berikut ini. Foto: ilustrasi/thinkstock
Dok saya mau tanya. Saat saya berhubungan intim dengan istri kenapa vagina istri kadang-kadang tidak basah. Sering saya basahi dulu Mr P dengan air biar bisa masuk. Kenapa vagina istri kadang-kadang basah kadang kering? Berbahayakah bila saya mengunakan air sebagai pelumas untuk berhubungan intim? Pelumas apa yang bagus buat berhubungan intim? Terimakasih Dok atas jawabnya.

Jawaban

Lubrikasi (pelendiran) vagina amat penting untuk mendukung hubungan seksual yang memuaskan. Maka, harus diupayakan sejak foreplay, hingga saat penetrasi penis ke dalam Miss V, tidak akan menimbulkan iritasi atau nyeri.

Vagina kering atau kurang basah, pada umumnya terjadi: foreplay yang kurang lama; saat kebugaran fisik dan psikis istri tengah terganggu. Disarankan Anda menggunakan cairan Jelly (KY-Jelly, baby oil) sebagai pelumas, katimbang air yang cepat kering.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit