detikhealth

Terpopuler detikHealth

Usus Bengkak Akibat Makan Seblak, Jenis Olahraga Paling Membakar Kalori

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 11/10/2017 07:33 WIB
Usus Bengkak Akibat Makan Seblak, Jenis Olahraga Paling Membakar KaloriIlustrasi seblak (Foto: detikFood)
Jakarta, Kisah seorang gadis yang mengalami radang usus buntu jadi heboh karena dikaitkan dengan seblak. Kehebohan ini menjadi topik yang diminati pembaca detikHealth pada Selasa (9/10/2017).

Bermula dari sebuah unggahan di Facebook, seorang ibu mengisahkan anak gadisnya yang mengalami diare dan mual sepulang sekolah. Hasil pemeriksaan menunjukkan ada pembengkakan usus buntu.

Sang gadis harus menjalani operasi, karena dikhawatirkan ususnya akan pecah jika tidak ditangani.

Karena anak gadisnya tidak senang makan pedas, sang ibu mencurigai seblak sebagai penyebabnya. Makanan khas Bandung Jawa Barat ini menggunakan kerupuk yang direndam kuah, sehingga menjadi kenyal namun tidak hancur.

"Maka berhati hatilah ibu" yg mempunyai anak gadis yg suka makan seblak kerupuk kering yg d rendam tpi kerupuk nya masih kenyal dan blm matang krna bs menyumbat d usus dan terjadi infeksi.....lebih baik mencegah drpd mengobati....," tulis pemilik akun Desy Puspita Yulida tersebut.

Sementara itu, pakar kesehatan saluran cerna dari RS Cipto Mangunkusumo kepada detiKHealth mengatakan kemungkinan seblak memicu radang usus buntu sangat kecil. Kalaupun benar, maka lebih terkait dengan kebersihan dalam proses mengolahnya.

"Kalau meradang karena kerupuknya mungkin enggak, karena seringnya usus buntu itu infeksi karena makanan yang sudah menjadi feses. Saya mengira ini karena kebersihan makanannya," kata dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH.

Baca juga: Ramai di Medsos! Gadis Ini Ususnya Bengkak, Konon Gara-gara Makan Seblak

Foto: thinkstock


Topik lain yang banyak diminati pembaca detikHealth adalah daftar olahraga yang paling banyak membakar kalori. Daftar ini disusun oleh para ilmuwan dari Mayo Clinic, dan menempatkan lari serta skipping (lompat tali) sebagai di urutan paling atas.

Menurut daftar tersebut, lari dan skipping membakar kalori sebanyk 861 - 1.074 kalori per jam. Sedangkan urutan paling bawah dari keempatpuluh jenis olahraga tersebut adalah yoga, dengan hanya 183-228 kalori yang dibakar tiap jam.

Daftar selengkapnya bisa disimak di sini:

Olahraga Apa yang Paling Banyak Bakar Kalori? Ini Daftarnya

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit