detikhealth

Pakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki? Ngetren Sih, Tapi Ada Risikonya

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 11/10/2017 08:07 WIB
Pakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki? Ngetren Sih, Tapi Ada RisikonyaFoto: Thinkstock
Jakarta, Beberapa artis dan model fesyen sebut saja seperti Sam Smith, Tinie Tempah, dan Conor McGregor sering tampil di depan publik mengenakan sepatu tanpa kaus kaki. Hal ini kemudian banyak ditiru oleh orang-orang dan memicu tren yang disebut 'mankles'.

Apa yang terjadi bila seseorang memakai sepatu tanpa alas kaki? Ahli kesehatan kaki dr Emma Stephenson dari The College of Podiatry mengatakan satu hal yang kemungkinan besar terjadi adalah bau kaki. Hal itu terjadi karena keringat tidak diserap dengan baik dan bakteri bisa tumbuh subur.

Baca juga: Bau Kaki Tak Sedap? Coba 5 Cara Ini Untuk Menghilangkannya

Dibiarkan dalam jangka waktu lama maka kondisi di dalam sepatu yang lembab juga dapat memicu resiko infeksi oleh jamur. dr Emma mengaku melihat ada kenaikkan kasus masalah kaki pada pria usia 18-25 tahun yang mengikuti tren mankles.

"Rata-rata kaki kita berkeringat sekitar 230 mililiter (ml) sehari. Ketika sepatu terlalu lembap dan hangat maka dapat berujung pada infeksi jamur menimbulkan penyakit seperti kaki atlet (tinea pedis -red)," kata dr Emma seperti dikutip dari BBC, Selasa (10/10/2017).

"Satu kasus paling parah yang pernah saya liat dialami oleh seorang pria 19 tahun pekerja di tempat cuci mobil. Kakinya begitu berkeringat dan mengalami kondisi trench foot," lanjut dr Emma.

Foto: Thinkstock


Bagi mereka yang tetap enggan memakai kaus kaki disarankan agar jangan berlama-lama memakai sepatunya. Sesekali lepas sepatu untuk menjaga kondisi kulit kaki tetap kering.

Bila perlu sebelum memakai sepatu semprotkan juga antiperspirant ke kaki untuk meminimalkan keringat yang keluar.

Baca juga: Disenangi Jamur, Kaki Lembap dan Jari Dempet Berisiko Kutu Air

(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit