detikhealth

IDI Tanggapi Adanya Ancaman Denda Bagi yang Menolak Imunisasi MR

Erika Kurnia - detikHealth
Kamis, 12/10/2017 17:30 WIB
IDI Tanggapi Adanya Ancaman Denda Bagi yang Menolak Imunisasi MRIDI tanggapi ancaman denda bagi masyarakat yang menolak pemberian imunisasi MR. Foto: Instagram
Jakarta, Komunitas Halal Corner menyatakan ada ancaman surat dari tenaga kesehatan Banten dan pemda setempat untuk masyarakat yang menolak imunisasi measles rubella (MR), seperti dikutip dari detikNews. Ancaman tersebut, jika menolak imunisasi MR, warga dikenai denda Rp 700 miliar.

"Kami juga ingin menyampaikan bahwa ancaman berupa Rp 700 miliar itu saya ada buktinya. Itu ancamannya dari pihak nakes (tenaga kesehatan) dan ada dari pihak pemerintah daerah setempat bahwa jika tidak mengikuti vaksin," kata Aisyah di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Bagaimana Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menanggapi ini? Ketua IDI Terpilih, Dr. Daeng M Faqih, SH, MH, kepada detikHealth mengakui belum mengetahui laporan tersebut. Namun, jika benar adanya, ia menyayangkan hal tersebut.

Baca juga: Ada Ancaman Denda Rp 700 Miliar Bila Tidak Vaksin, Kemenkes: Itu Hoax

IDI Tanggapi Adanya Ancaman Denda Bagi yang Menolak Imunisasi MRImunisasi MR diberikan pada anak, mulai dari usia 9 bulan sampai 15 tahun. Foto: Muhajir Arifin
"Saya terus terang belum mendengar itu. Kalau itu ada, ya enggak boleh. Tindakan medis apapun harus dilakukan secara sukarela, harus dengan persetujuan. Kalau betul ada, enggak boleh dilakukan," tegasnya, saat dihubungi via sambungan telepon, Kamis (12/10/2017).

Meski demikian, pemberian imunisasi atau vaksin MR secara medis masih diperlukan dan disarankan untuk mencegah campak yang dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk, bahkan kematian. Imunisasi ini diberikan pada anak, mulai dari usia 9 bulan sampai 15 tahun.

"Bagaimana pun yang kita lihat, dari segi kebutuhan, kasus penyakit yang harus dicegah dengan imuniasasi MR banyak. Kemudian kita melihat dari efektivitas mencegah penyakit dan vaksin ini aman," imbuh Daeng.

Baca juga:
Foto: Ekspresi Bocah-bocah Saat Imunisasi Ini Jadi Meme Kocak!
(up/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit