detikhealth

Jangan Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Telinga

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 12/10/2017 18:00 WIB
Jangan Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Bisa Merusak TelingaKebiasaan yang bisa merusak telinga, salah satunya menggunakan cotton bud/Foto: thinkstock
Jakarta, Bisa dibilang merawat dan membersihkan telinga gampang-gampang susah. Jika tidak diperhatikan dengan baik bagaimana cara merawat telinga, risikonya bisa fatal, yakni penurunan fungsi pendengaran alias budek.

Nah, menurut dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes, dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan dari RS Permata Depok, setidaknya ada lima kebiasaan yang dapat merusak organ yang berfungsi untuk mendengar ini. Apa saja itu?

1. Menggunakan cotton bud

Pada dasarnya menggunakan cotton bud ingin liang telinga menjadi bersih, namun sebenarnya kotoran telinga dapat bergerak keluar dengan sendirinya. Nah ketika cotton bud kontak dengan serumen atau kotoran yang tadinya keluar malah terhenti. Akibatnya kotoran yang ada di liang telinga cenderung lengket dan makin lama makin menggumpal. Oleh karena itu, cotton bud tidak dianjurkan untuk membersihkan kotoran di telinga.

Baca juga: Ini Bahayanya Membersihkan Telinga Pakai Cotton Bud

2. Menggunakan earphone

Kebiasaan lain yang berpotensi merusak telinga yaitu menggunakan earphone dalam waktu yang lama dengan volume di atas normal. Selain itu sering mendengarkan earphone dapat merusak telinga secara permanen. Sama halnya seperti penggunaan cotton bud, penggunaan earphone juga membuat kotoran telingan menumpuk.

"Itu karena earphone yang masuk ke dalam. Jadi efek earphone ini sebenarnya banyak tidak bagusnya. Pertama kotoran jadi menggumpal, yang kedua saraf yang ada di telinga dalam terganggu," terang dr Linda.

3. Menggunakan metode ear candle

Kebiasaan lain yang dapat merusak telinga adalah menggunakan metode ear candle untuk membersihkan kotoran telinga. Namun menurut dr Linda, kebiasaan tersebut tidak baik.

"Memang seolah-olah kotorannya keluar banyak. Jadi cara kerja dari ear candle itu memang menguap tapi justru dia akan mengubah suhu di liang telinga. Telinga menjadi lembab dengan kondisi asam diubah suhunya, akhirnya bakteri yang tadinya normal di telinga berubah jadi merusak liang telinga," tutur dr Linda.

4. Menggunakan benda-benda asing

Selain itu kebiasaan lain dan sering diabaikan oleh kebanyakan orang yaitu mengorek telinga dengan menggunakan benda asing.

"Korek-korek telinga pakai benda asing, sekarang kan ada penyedot atau vakum untuk membersihkan telinga. Itu tidak disarankan," ucap dr Linda.

5. Menggunakan obat tetes telinga

Penggunaan obat tetes telinga, kata dr Linda ketika telinga sakit jangan lantas diteteskan, sebab obat tetes telinga tersebut memiliki fungsi yang bermacam-macam. Sebaiknya cari tahu dulu permasalahannya.

Baca juga: Wajib Perhatikan Hal Ini Agar Telinga Tak Budek(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit