detikhealth

Harapan IDI Soal Polemik Status Halal Vaksin MR

Erika Kurnia - detikHealth
Kamis, 12/10/2017 19:01 WIB
Harapan IDI Soal Polemik Status Halal Vaksin MRIDI berharap seluruh pihak yang terkait imunisasi MR bisa membicarakan soal vaksin ini. Foto: Erliana Riady
Jakarta, Imunisasi measles rubella (MR) masih menjadi polemik karena masih adanya kendala yang membuat Majlis Ulama Indonesia (MUI) belum bisa mengeluarkan sertifikasi halal. Untuk menyelesaikan persoalan ini, Ikatan Dokter Indonesia berharap seluruh pemanku kebijakan mau duduk bersama.

Ketua IDI Terpilih, Dr. Daeng M Faqih, SH, MH, kembali mengungkapkan harapannya agar semua pihak terkait yang bisa melepaskan imunisasi MR kepada masyarakat mau bertemu untuk mencari jalan terbaik.

Baca juga: MUI Sebut Vaksin MR Tidak Halal, Ini Tanggapan Kemenkes

"Kalau menurut saya yang baik adalah sama-sama memikirkan bangsa ini. MUI juga bagian bangsa, Kemenkes, dokter juga bagian dari bangsa. Sehingga menurut saya, semua stakeholder harus duduk satu meja untuk bareng-bareng membahas karena ini untuk rakyat," ungkapnya kepada detikHealth, Kamis (12/10/2017).

Baca juga: Sertifikat Halal Beberapa Vaksin di Indonesia Bukan Hanya dari MUI

Mengenai kendala yang masih dilihat MUI sehingga menghalangi proses sertifikasi imunisasi MR, Daeng menyerahkan sepenuhnya kepada MUI. Meski demikian, IDI sebagai perwakilan tenaga kesehatan melihat imunisasi MR sangat dibutuhkan.

"Masalah halal enggak halal memang wewenang MUI. Kita enggak ada kewenangan. Yang kita lihat hanya dari segi kebutuhan, bahwa kasus penyakit yang harus dicegah dengan imunisasi MR banyak. Kemudian kita melihat dari efektivitas mencegah penyakit dan ini aman. Kalau dari segi medis hanya melihat sebatas itu. Mengenai halal dan haram memang MUI yang berwenang," pungkasnya.

Baca juga: Video Kocak Saat Pak Guru Ditendang Murid yang Fobia Suntik


(wdw/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close