detikhealth

Good Sleep Hygiene, Kunci Tidur Bebas Mimpi Buruk

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Kamis, 12/10/2017 19:49 WIB
Good Sleep Hygiene, Kunci Tidur Bebas Mimpi BurukMempraktikkan good sleep hygiene bisa bantu mencegah datangnya mimpi buruk. Foto: thinkstock
Jakarta, Mimpi buruk yang datang saat tidur bisa terjadi karena sedang stres atau mengalami pengalaman buruk. Namun jangan khawatir, pakar mengatakan mimpi buruk sejatinya bisa dicegah kok.

Rosie Osmun dari Amerisleep mengatakan praktik good sleep hygiene dapat mencegah sebagian besar mimpi buruk. Hal ini dikarenakan tidur yang efektif membuat fase istirahat tubuh maksimal sehingga mimpi buruk enggan menghampiri.

Good sleep hygiene merujuk pada kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan untuk membuat tidur lebih nyenyak. Hal pertama yang dilakukan adalah mematikan alat-alat elektronik di dalam kamar, termasuk televisi dan smartphone, untuk menghindari paparan cahaya biru.

Baca juga: 8 Fakta Unik yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui Soal Mimpi

"TV, VCR, radio, smartphone dan laptop tidak seharusnya menyala saat Anda ingin tidur. Usahakan kamar tidur dalam keadaan gelap, tenang dan sejuk agar tidur lebih nyenyak," urai Osmun.

Kedua adalah jam tidur dan jam bangun yang rutin. Mengatur kapan Anda tidur dan kapan Anda bangun penting agar tubuh tersinkronisasi dengan ritme sirkadian, suatu siklus hormon yang mengatur jam tubuh manusia. Jika tubuh berfungsi sesuai dengan ritmenya, maka saat istirahat fungsi pemulihan akan menjadi lebih baik.

"Olahraga rutin, paparan sinar matahari yang cukup hingga relaksasi merupakan cara-cara membuat tubuh lebih tersinkronisasi dengan jam internalnya," ungkapnya lagi.

dr Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayoran mengatakan bahwa melakukan ritual-ritual demi good sleep hygiene yang baik sudah dibuktikan penelitian mampu mencegah mimpi buruk. Jika ritual ini dilakukan setiap hari, niscaya Anda tidak akan mengalami masalah tidur seperti mimpi buruk atau bahkan insomnia.

"Makanya, secapek apapun ketika sesudah bekerja atau beraktivitas, biasakan ada ritual sebelum tidur ini, supaya bisa menghindari mimpi buruk, dan supaya tidurnya juga bagus," tuturnya.

Baca juga: Terbangun Karena Mimpi Buruk? Bisa Jadi karena Tidur Terlalu Lama

(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit