detikhealth

Terlalu Histeris, Paru-paru Kolaps Saat Nonton One Direction

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 13/10/2017 09:33 WIB
Terlalu Histeris, Paru-paru Kolaps Saat Nonton One DirectionSeorang gadis di Texas harus merasakan dampak yang sangat buruk karena histeris saat konser. Foto: Cooper Neill
Jakarta, Gadis 16 tahun yang tidak disebutkan namanya ini mengalami sesak napas usai menonton grup band One Direction, dan ikut menyanyi bersama kerumunan fans yang lainnya.

Hari berikutnya, ia dilarikan ke rumah sakit dan menjalani pemeriksaan. Dokter menemukan, paru-parunya kolaps dan menyebut sang gadis terlalu memaksakan diri berteriak selama konser.

Keluhan sesak napas dirasakan gadis ini sesaat setelah menonton konser, dan tidak hilang hingga hari berikutnya. Dikutip dari Dailymail, sebelumnya ia bahkan tidak punya riwayat masalah pernapasan.

Baca juga: Remaja ini Kolaps Lalu Tewas Usai Lakukan 100 Kali Squat

Dokter mendengar suara tertentu saat menekan dada sang gadis dengan jemarinya. Ini menandakan adanya paru-paru yang kolaps, atau dalam bahasa medis disebut pneumothorax. Pada kondisi ini, udara keluar melalui sobekan di jaringan paru.

Pemeriksaan X-ray menunjukkan, udara sudah mencapai mediastinum atau area di antara kedua kantung udara di paru-paru. Kondisi ini dikenal dengan istilah pneumomediastinum. Gadis tersebut telah menjalani perawatan dan kondisi membaik, sementara kasusnya dilaporkan di The Journal of Emergency Medicine.

Baca juga: Sakit Keras Remaja Ini Ditandai Suara Klik-klik dalam Dadanya(up/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit