detikhealth

Agar Tidak Keracunan, Perbanyak Minum Air Putih Usai Makan Jengkol

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jumat, 13/10/2017 12:06 WIB
Agar Tidak Keracunan, Perbanyak Minum Air Putih Usai Makan JengkolAgar tidak keracunan usai makan jengkol, sebaiknya minum air putih yang banyak. Foto: detikfood
Jakarta, Ada-ada saja memang orang yang mengoplos minuman keras (miras) dengan jengkol, seperti yang terjadi di Cipayung, Jakarta Timur. Akibat kejadian itu empat orang dilaporkan tewas dan dua lainnya sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri.

Jengkol sendiri diketahui memang mengandung asam jengkolat (jengkolic acid) yang bisa mengendap menjadi kristal di ginjal atau saluran kencing. Hal ini dapat menyebabkan terganggunya fungsi ginjal untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

Oleh karena itu, ahli pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH sangat menganjurkan untuk mengonsumsi banyak air setelah makan jengkol. Bukan dengan miras seperti kasus di atas.

Baca juga: Kebanyakan Makan Jengkol, Resikonya Gagal Ginjal Hingga Kematian

"Yang penting minum air putih yang banyak agar (asam jengkolat) tidak sempat mengkristal," katanya saat dihubungi detikHealth, Jumat (13/10/2017).

Dengan memperbanyak konsumsi air, asam jengkolat yang ada di ginjal pun bisa keluar melalui urine sehingga terhindar dari gagalnya fungsi ginjal tersebut.

Selain itu, dr Ari juga menyarankan agar tidak menahan buang air kecil agar racun yang ada dalam asam jengkolat bisa cepat keluar dari tubuh.

Baca juga: Efek Ketika Miras Dioplos Pakai Jengkol

(wdw/fds)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit