detikhealth

Sering Naik Pesawat, Model Ini Keluhkan Masalah di Telinga

Erika Kurnia - detikHealth
Jumat, 13/10/2017 18:31 WIB
Sering Naik Pesawat, Model Ini Keluhkan Masalah di TelingaSering naik pesawat, Model Ayu Gani keluhkan masalah telinga. Foto: Anggi Mayasari Violita
Jakarta, Dalam postingan di Instagram Story kemarin, model Indonesia yang pernah menjadi ajang pencarian bakat model se-Asia, Ayu Gani, curhat tentang masalah telinganya.

Pada postingan pertama, ia menunjukkan dirinya sedang berada di satu rumah sakit swasta di Jakarta. Setelah itu, ia menuliskan keluhan yang dirasakannya di telinga kanannya.

"Jadi, telinga kananku tersumbat karena aku sering naik pesawat belakangan ini. Telinga ini bengkak dan merah dan sakit sekali. Ada dari kalian yang pernah mengalami ini?" curhatnya dalam bahasa Inggris, seperti dikutip Jumat (13/10/2017).

Baca juga: Ini Sebabnya Telinga Terasa Ada yang Menyumbat Saat Naik Pesawat

Curhatan Ayu Gani di Insta StoryCurhatan Ayu Gani tentang masalah telinganya di Insta Story Foto: Instagram @ganegani

Pada postingan berikutnya, dara cantik yang telah menginternasional ini juga menambahkan pernyataan yang mengungkapkan bahwa selama ia merasakan keadaan telinganya sama seperti sedang naik pesawat dalam 4 hari belakangan.

Dilansir dari Mayoclinic, masalah seperti yang dialami Gani dipicu oleh "airplane ear" atau telinga pesawat. Di dalam pesawat, ini terjadi ketika ketidakseimbangan tekanan udara di telinga tengah dan tekanan udara di lingkungan mencegah gendang telinga bergetar sebagaimana mestinya.

Kondisi ini jika sering dialami karena seringnya naik pesawat bisa merusak jaringan di dalam telinga atau saluran eustachius. Faktor tersebut akan meningkatkan munculnya masalah telinga yang sama, bahkan ketika tidak sedang naik pesawat.

Masalah pada telinga ini biasanya tidak serius dan bisa diatasi dengan perawatan sendiri. Namun, komplikasi jangka panjang bisa terjadi jika kondisi ini serius, tidak segera ditangani, dan adanya kerusakan pada struktur telinga dalam atau tengah.

Baca juga: Agar Telinga Bayi Tak Sakit Saat Naik Pesawat, Trik Ini Bisa Anda Coba (mrs/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit