detikhealth

Toilet Hingga Lemari Jenazah, Ledakan Tak Biasa yang Pernah Bikin Heboh

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sabtu, 14/10/2017 17:16 WIB
Toilet Hingga Lemari Jenazah, Ledakan Tak Biasa yang Pernah Bikin HebohLedakan lemari jenazah di RSUD Pati, Jawa Tengah (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Jakarta, Selain bom, objek lain yang identik dengan ledakan menghebohkan barangkali adalah tabung elpiji. Tapi di luar itu, masih banyak benda-benda eksplosif yang bagi sebagian orang mungkin tidak terbayang akan meledak.

Baru-baru ini, lemari jenazah atau mortuary chamber di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo Pati, Jawa Tengahm meledak. Tidak ada korban, namun rumah sakit mengalami kerugian yang tidak sedikit atas insiden tersebut.

Ledakan berasal dari tabung freon yang baru saja diisi pada hari sebelumnya. Diduga, takaran gas freon dalam tabung tersebut melebihi kapasitas.

"Alat itu baru saya tambah freon kemarin dengan maksud agar sewaktu-waktu ada jenazah yang datang bisa langsung digunakan," kata Spesialis Forensik RSUD Pati, dr Gatot Suharto, dikutip dari detiknews.

Baca juga: Lemari Jenazah RSUD Pati Meledak, Bangunan Porak Poranda

Penampakan lemari jenazah yang terkena ledakan tabung freonPenampakan lemari jenazah yang terkena ledakan tabung freon (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)


Selain lemari jenazah, objek tak biasa yang pernah mengalami ledakan menghebohkan antara lain sebagai berikut.

1. Chamber hiperbarik
Tahun 2016 lalu, kebakaran yang menewaskan 4 orang di RSAL Mintoharjo, Jakarta Pusat juga diyakini berasal dari ledakan. Chamber bertekanan untuk terapi hiperbarik disebut-sebut sebagai sumber ledakan.

Baca juga: Kecelakaan-kecelakaan Terapi Hiperbarik di Berbagai Negara

2. Toilet
Sebuah toilet di Yulin, China meledak dan menelan korban jiwa pada awal 2017. Dugaan saat itu mengarah pada septic tank yang tidak pernah dikuras. Penumpukan kotoran memicu percampuran gas metana, amonia, dan hidrogen sulfida. Tekanan yang dihasilkan memicu ledakan keras yang merusak toilet.

Baca juga: Toilet Umum di China Meledak, Diduga karena Tak Pernah Dikuras

3. Rokok elektrik
Seorang pria di Inggris datang ke rumah sakit dengan luka berat di kakinya. Sempat dikira mengalami luka tembak, pria ini belakangan diketahui terkena ledakan rokok elektrik. Diduga karena overheat, rokok elektrik yang dipakainya meledak dan melontarkan serpihan logam ke kakinya. Persis seperti granat.

Baca juga: Rokok Elektrik Meledak Seperti Granat Saat Dipakai, Diduga Salah Baterai

4. Lampu senter
Bukan tanpa alasan jika baterai dilarang masuk bagasi pesawat, sebab salah satu komponen peralatan elektronik ini memang eksplosif. Tidak percaya? Baterai untuk menyalakan senter LED (Light Emitting Dioda) pernah memicu luka bakar serius karena meledak di mulut seoang pria di Colorado. Akibatnya, pria ini harus dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Senter yang Ditaruh di Mulutnya Meledak, Bibir dan Lidah Chris Luka Parah

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit