detikhealth

5 Hal yang Dialami Tubuh Jika Tidak Sarapan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 16/10/2017 07:15 WIB
5 Hal yang Dialami Tubuh Jika Tidak SarapanSebelum memulai aktivitas, selalu sempatkan sarapan. (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Untuk mengawali hari, sempatkan diri untuk sarapan di pagi hari. Banyak pakar menyebut, sarapan adalah makan paling penting dalam sehari.

Melewatkan sarapan akan berdampak pada kesehatan secara keseluruhan, mulai dari jantung hingga sistem metabolisme. Berikut ini beberapa di antaranya:

Melewatkan sarapan malah bikin berisiko gemuk.Melewatkan sarapan malah bikin berisiko gemuk. Foto: Getty Images


1. Risiko kegemukan
Bukankah mengurangi makan akan mencegah kegemukan? Teorinya demikian, tetapi dalam praktiknya tidak sesederhana itu. Berbagai penelitian membuktikan, orang-orang yang tidak sarapan cenderung lebih rentan terhadap perilaku makan berlebihan di siang dan malam hari. Dampaknya, asupan kalori jadi lebih banyak.

Siklus menstruasi juga bisa terganggu karena sarapan.Siklus menstruasi juga bisa terganggu karena sarapan. Foto: ilustrasi/thinkstock


2. Gangguan siklus menstruasi
Sebuah penelitian tahun 2010 menyebut bahwa komposisi hormonal juga dipengaruhi oleh pola makan. Penelitian yang muncul di jurnal Appetite ini menunjukkan bahwa keluhan nyeri haid dan siklus yang tidak teratur lebih banyak ditemukan pada perempuan yang jarang sarapan.

Kalau sedang lapar kita akan lebih sulit mengendalikan suasana hati.Kalau sedang lapar kita akan lebih sulit mengendalikan suasana hati. Foto: iStock


3. Bad mood
Kadar gula darah besar pengaruhnya terhadap suasana hati. Orang-orang dengan pola makan sehat, dilaporkan punya kemampuan lebih baik dalam mengontrol suasana hati. Termasuk di antaranya, mereka yang rajin sarapan.

Baca juga: Catat! Ini Dua Syarat Utama Sarapan Sehat

Tanpa asupan energi yang cukup, kita bisa merasa lemas di pagi hari.Tanpa asupan energi yang cukup, kita bisa merasa lemas di pagi hari. Foto: ilustrasi/thinkstock


4. Lemas
Kadar gula yang rendah di dalam darah ketika tidak sarapan membuat sumber energi sangat terbatas. Tubuh akan menunjukkan tandanya dengan rasa lemas, cepat letih, dan sering mengantuk.

Tanpa asupan yang cukup juga kerja otak akan terganggu.Tanpa asupan yang cukup juga kerja otak akan terganggu. Foto: thinkstock


5. Susah fokus
Kemampuan otak juga terdampak jika seseorang tidak pernah sarapan. Fungsi otak akan mengalami penurunan, terutama dalam menjaga konsentrasi. Ini biasanya terjadi di pagi hari ketika seseorang berangkat kerja tanpa sarapan dulu sebelumnya.

Baca juga: Agar Otak Sehat dan Konsentrasi Meningkat, Yuk Sarapan Menu Telur!(up/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit