detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Rutin Bercinta, Apa Sih Manfaatnya Bagi Kesehatan?

Senin, 16/10/2017 17:30 WIB
Rutin Bercinta, Apa Sih Manfaatnya Bagi Kesehatan?Beragam manfaat bercinta bagi kesehatan/Foto: thinkstock
Dokter, sebentar lagi saya ingin menikah. Tentunya menikah itu bukankah untuk seks semata kan Dok? Saya ingin tahu Dok, sebenarnya apa saja sih manfaat bagi kesehatan melakukan hubungan seks? Lalu jika tidak terlalu rutin untuk berhubungan intim, apakah ada dampaknya Dok bagi kesehatan? Terimakasih.

A (Laki-laki, 30 tahun)

Jawaban

Pertama, diucapkan selamat atas rencana Anda yang akan menikah. Hubungan seksual mempunyai 3 fungsi; fungsi reproduksi, yaitu menghasilkan keturunan; fungsi sensual, yaitu memberikan kenikmatan saat mencapai orgasme; fungsi intimate-relation, yaitu membuat Anda dan istri semakin saling menyayangi dan mencintai.

Manfaat untuk kesehatan adalah: saat mencapai orgasme keluar hormon endorphin dalam tubuh yang berguna untuk meningkatkan imunitas (daya tahan tubuh) dan merelaksasi tubuh. Sebaiknya ML dilakukan secara rutin, saat Anda dan istri tengah bugar, tidak sedang letih atau sakit.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit