detikhealth

5 Cara Agar Tak Tertular Sakit di Musim Flu dan Batuk

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 16/10/2017 18:32 WIB
5 Cara Agar Tak Tertular Sakit di Musim Flu dan BatukTips agar tak tertular sakit di musim flu dan batuk/Foto: Thinkstock
Jakarta, Ketika musim kemarau berganti menjadi musim penghujan, suhu kerap berubah secara ekstrem. Tak sedikit orang yang terserang batuk dan juga flu. Baik itu terkena kuman atau bakteri ataupun tertular dari rekan kerja.

Karena itu, agar tak rentan terserang penyakit tersebut, tentu harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dirangkum dari berbagai sumber, ikuti tips berikut ini agar tetap sehat di musim flu dan batuk.

1. Tingkatkan asupan protein dan probiotik

Perhatikan secara khusus apa yang Anda makan dan minum selama musim flu dan batuk. Jaga pola makan sehat Anda, yakni dengan mengonsumsi ikan dan telur. Sumber protein tersebut sangat baik dikonsumsi karena bagian dari pertahanan tubuh Anda. Terlalu sedikit asupan protein yang masuk bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Selain makanan tersebut, yogurt juga memiliki kandungan protein dan probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan usus Anda. Probiotik tersebut memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu melindungi diri dari penyerang asing seperti bakteri.

5 Cara Agar Tak Tertular Sakit di Musim Flu dan BatukYoghurt mengandung probiotik yang menjaga sistem kekebalan tubuh/Foto: Thinkstock


2. Olahraga teratur

Olahraga teratur adalah cara yang bagus untuk tetap sehat. Anda akan merasa lebih energik dan prima dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Orang dewasa berusia antara 18 dan 64 tahun, setidaknya harus menyelesaikan latihan tingkat sedang selama 150 menit per minggu atau melakukan latihan intensif lebih banyak selama minimal 75 menit. Nah untuk anak-anak di bawah usia 18 tahun sebaiknya berolahraga 60 menit setiap hari.

5 Cara Agar Tak Tertular Sakit di Musim Flu dan BatukOlahraga teratur cara bagus untuk tetap sehat/Foto: Thinkstock


3. Cuci tangan sesering mungkin

Kapan pun Anda menyentuh sesuatu di tempat umum, seperti pegangan pintu, tombol lift, microwave kantor, atau tiang gantungan kereta, sebaiknya cuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika Anda tidak memiliki sabun, Anda bisa menggunakan pembersih tangan dengan alkohol. Seiring dengan seringnya Anda membersihkan tangan, maka bakteri yang rentan menyerang tubuh melalui mulut, hidung, bibir, atau mata Anda bisa dihindari.

5 Cara Agar Tak Tertular Sakit di Musim Flu dan BatukCuci tangan yang bersih agar terhindar dari bakteri/Foto: thinkstock


4. Dapatkan udara segar

Udara segar sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Jika Anda merasa sakit, jalan-jalanlah di sekitar lingkungan Anda. Aktivitas ini sama halnya dengan berolahraga. Untuk menghindari sakit, Anda bisa berlari keliling taman. Nah ketika Anda sedang berada di dalam rumah, disarankan membuka jendela untuk meningkatkan pergerakan udara sehingga Anda tidak tidur di ruang pengap di mana bakteri dan virus bisa berkembang.

5 Cara Agar Tak Tertular Sakit di Musim Flu dan BatukUdara segar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh/Foto: Getty Images


5. Tidur

Tidur adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan agar tubuh Anda tetap sehat dan membantu Anda cepat sembuh ketika Anda sakit. Dapatkan tidur malam yang nyenyak setiap malam selama musim batuk dan flu untuk membantu sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat. Jika Anda sakit, tidur lebih sering dari biasanya akan membantu tubuh Anda lekas pulih.

5 Cara Agar Tak Tertular Sakit di Musim Flu dan BatukTidur juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh/Foto: thinkstock
(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit