detikhealth

Siap-siap, Seminggu Sekali Lari ke Kantor!

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 16/10/2017 19:15 WIB
Siap-siap, Seminggu Sekali Lari ke Kantor!Foto: Thinkstock
Jakarta, DKI Jakarta resmi punya pemimpin baru. Wakil Gubernur saat ini, Sandiaga Uno, pernah melontarkan ide tentang gerakan berlari ke kantor.

"Harus buat gerakan berlari, rencananya lari seminggu sekali ke kantor," kata Sandi saat itu.

Baca juga: Jika Terpilih, Sandi Akan Buat Gerakan Berlari Ke Kantor

Jika dimaknai sebagai ajakan untuk meningkatkan aktivitas fisik, ide yang dilontarkan Wagub yang mendampingi Anies Baswedan ini cukup menarik. Data terbaru dari organisasi kesehatan dunia atau WHO menyebut angka obesitas dan kelebihan berat badan terus mengalami peningkatan. Pada anak dan remaja, jumlahnya naik 10 kali lipat dalam 40 tahun terakhir.

Baca juga: WHO: Obesitas Anak dan Remaja Meningkat 10 Kali Lipat

Siap-siap, Seminggu Sekali Lari ke Kantor!Foto: Thinkstock


Kurangnya aktivitas fisik, bersama-sama dengan pola makan tinggi kalori, merupakan penyebab utama kegemukan. Jika tidak diatasi, dampaknya sangat merusak tubuh. Berbagai penyakit kronis mulai dari tekanan darah tinggi, diabetes melitus hingga stroke dan serangan jantung, erat kaitannya dengan kegemukan.

Seminggu sekali lari ke kantor, tentu tidak selalu mudah dengan kondisi saat ini. Untuk itu, Sandi juga menjanjikan pembenahan fasilitas publik termasuk trotoar. Demikian juga untuk bersih-bersih setelah berkeringat, ia juga akan menggiatkan fasilitas mandi di kantor.

"Fasilitas mandi ya, mereka sampai di kantor mereka bisa mandi, bisa juga dengan menggunakan kamar mandi mereka bisa mendapat point, yang nanti didapatkan intensif, medali atau tambahan bonus, tujuannya mengedepankan kehidupan yang lebih sehat," janji Sandi, yang juga punya hobi berlari.

Bagaimana dengan pembaca detikHealth di Jakarta, sudah siap lari ke kantor?

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit