detikhealth

Stop! Jangan Pegang Dua Benda Ini Kalau Tidak Mau Flu

Erika Kurnia - detikHealth
Senin, 16/10/2017 20:08 WIB
Stop! Jangan Pegang Dua Benda Ini Kalau Tidak Mau FluFoto: thinkstock
Jakarta, Flu tidak hanya dapat ditularkan dari menghirup droplet napas yang mengandung virus, tapi juga sentuhan benda yang terkontaminasi langsung oleh orang dengan virus ini. Di antara benda yang sering terkontaminasi adalah loket toko dan pegangan di dalam bus.

Dikutip dari Dailymail, Senin (16/10/2017), Angela Chalmer dari Boots Pharmacy mengatakan bahwa menempatkan tangan pada loket toko dan pegangan bus bisa menjadi langkah awal untuk terkena infeksi pilek atau flu.

"Benda di lokasi meja loket atau pegangan bus dan benda lain di angkutan umum menjadi perhatian. Agar tidak terserang flu, berhati-hatilah agar tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda dengan tangan saat berada di ruang publik," sarannya kepada The Express.

Baca juga: Unik! WHO Pajang Batik Banyumas Bermotif Virus Flu di Jenewa

Mencuci tangan dengan air mengalir atau menggunakan gel antibakteri sangat disarankan untuk mencegah penularan infeksi yang rentan terjadi di musim pancaroba saat ini. Ia menambahkan, semprotan hidung juga akan membantu melawan virus pada tanda-tanda infeksi pertama.

"Saat pilek dan cuaca dingin menyerang, pastikan Anda siap dengan menyemprotkan semprotan hidung dalam jangkauan tangan untuk membantu melawan tanda-tanda pertama gejala pilek dan flu," pesannya.

Adapun saat Anda mencuci tangan, Chalmer menyarankan untuk melakukannya selama waktu yang Anda perlukan untuk menyanyikan lagu Happy Birthday sampai dua kali.

Baca juga: Saran Dokter Agar Terhindar Flu dan Batuk di Musim Pancaroba

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit