detikhealth

Konsultasi Umum
dr Kevin William Hutomo

Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com

Sariawan Kambuhan Tiap Pekan, Apakah Indikasi Penyakit?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 17/10/2017 14:00 WIB
Sariawan Kambuhan Tiap Pekan, Apakah Indikasi Penyakit?Sariawan yang selalu kambuh dan tidak kunjung sembuh/Foto: Thinkstock
Jakarta, Mohon solusinya untuk penyakit sariawan yang saya alami. Ketika sariawan saya muncul butuh 3 sampai 4 hari untuk sembuh, namun selang 2 sampai 3 hari (paling lama seminggu setelah sembuh) sariawan itu kambuh lagi dan berulang ulang secara terus menerus.

Saya sudah coba ke klinik untuk konsultasi dan diberikan obat, namun kelihatannya tidak berpengaruh sampai sekarang. Ini sudah berlangsung sekitar 1-2 tahun lamanya. Melihat lamanya penyakit ini timbul tenggelam saya jadi takut mengidap suatu penyakit. Terimakasih.

D (Laki-laki, 22 tahun)

Jawaban

Terimakasih atas pertanyaannya Mas D. Stomatitis adalah peradangan pada jaringan lunak di rongga mulut. Dapat disebabkan oleh infeksi baik oleh bakteri, jamur, atau virus. Ataupun non infeksi karena trauma, gangguan imunitas dan gejala klinis penyakit sistemik di mulut.

Penyakit ini biasanya dikaitkan dengan kebersihan rongga mulut. Sebaiknya Anda rutin berkumur dengan cairan antiseptik untuk mencegah keluhan muncul terus menerus. Namun bila saya tarik dari informasi yang Anda berikan bahwa kejadian ini sudah berlangsung 1-2 tahun.

Ada baiknya Anda memeriksakan keadaan kesehatan Anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan tujuan menegakkan diagnosis pasti melalui pemeriksaan-pemeriksaan penunjang.

Terimakasih semoga informasi yang saya berikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit