detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Stamina Oke namun Mr P Loyo Saat Bercinta, Kenapa?

Selasa, 17/10/2017 18:20 WIB
Stamina Oke namun Mr P Loyo Saat Bercinta, Kenapa?Stamina oke namun Mr P loyo/Foto: Thinkstock
Salam sehat dokter, usia saya 54 tahun dengan stamina bagus menurut medical check up (MCU). Pertanyaannya kenapa Mr P saya kurang keras sewaktu mau berhubungan sama istri saya? Terimakasih.

E (Laki-laki, 54 tahun)

Jawaban

Usia Anda 54 tahun, dengan status general check-up yang baik, kendatipun berat badan agak overweight, patut disyukuri. Dari keluhan Anda, kemungkinan Anda mengalami disfungsi ereksi (DE) tahap awal. Yang biasa dialami oleh pria dewasa, usia 54 tahun. Untuk dapat melakukan hubungan seksual yang memuaskan, suami dan istri harus memiliki kebugaran seksual.

Apakah kebugaran seksual? Kebugaran seksual adalah hasrat untuk melakukan hubungan intim yang didukung oleh jasmani, mental dan rohani yang sehat. Jelasnya, sedang tidak sakit, sedang tidak galau atau stres. Untuk Anda, upayakan terlebih dulu: exercise fisik secara reguler, cukup istirahat dan tidur, minimal 5-8 jam, bisa mengelola stres bila muncul, makan dan minum dengan pola gizi seimbang.

Bila upaya tersebut di atas sudah Anda lakukan, tapi keluhan DE masih ada, barulah minum obat erektogenik (obat golongan Sildenafil, Tandalafil, Vardenafil) dengan petunjuk dokter keluarga Anda.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit