detikhealth

Artikel 18+

Terungkap! Penyebab Miss V Gatal saat Menstruasi

Erika Kurnia - detikHealth
Rabu, 18/10/2017 17:48 WIB
Terungkap! Penyebab Miss V Gatal saat MenstruasiBanyak hal yang membuat Anda tak nyaman saat menstruasi, termasuk rasa gatal di bawah sana. Apakah ini karena pembalut yang Anda kenakan atau yang lain? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Banyak hal yang membuat Anda tak nyaman saat menstruasi, termasuk rasa gatal di bawah sana. Apakah ini karena pembalut yang Anda kenakan atau yang lain?

Dilansir dari Womenshealth, Rabu (18/10/2017), asisten profesor ilmu obstetri, ginekologi, dan reproduksi, Suzanne Fenske, MD, memberi penjelasan spesifik dibalik penyebab ketidaknyamanan ini.

"Satu hal yang menjadi pemicu masalah ini adalah darah menstruasi yang lama keluar bisa memicu iritasi. Tentu ini tergantung kapan rasa gatal muncul saat menstruasi," kata ahli dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai.

Di lain hal, pemicu gatal di area vagina atau Miss V ini bisa disebabkan kecenderungan peradangan yang tinggi saat menstruasi.

Baca juga: Mengatasi Gatal-gatal di Miss V

"Kecenderungan ini membuat bisa menyebabkan gatal di daerah tersebut ketika meradang. Itu adalah respons dari histamin," tambahnya.

Selain itu, kemungkinan terinfeski bakteri vaginosis dan jamur saat menstruasi juga bisa menjadi faktor lain. Tapi, kebanyakan wanita tidak menyadari ini saat menstruasi. "Jika Anda merasa gatal di area Miss V Anda disebabkan infeksi bakteri atau jamur, baiknya segera cek ke dokter," sarannya.

Adapun hal lain yang jarang namun bisa sebabkan gatal di area Miss V saat menstruasi adalah alergi pembalut.

"Jika Anda merasa pembalut adalah kemungkinan terbesar dari rasa gatal yang Anda rasakan, solusinya adalah menghindari pembalut tersebut," pungkas Fenske.

Baca juga: Aneka Sebab Miss V dan Selangkangan Jadi Gatal Setelah Bercukur

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit