detikhealth

Pekerjaan Jadi Tidak Sehat Lagi kalau Sudah Seperti Ini

Rahmi Anjani - detikHealth
Kamis, 19/10/2017 08:42 WIB
Pekerjaan Jadi Tidak Sehat Lagi kalau Sudah Seperti IniFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Bukan rahasia lagi jika pekerjaan sering menjadi sebab utama terganggunya kesehatan. Tapi terkadang para profesional tidak menyadarinya, mungkin juga termasuk Anda. Sebelum jatuh sakit, ada baiknya Anda menyimak lima hal berikut yang bisa menjadi tanda pekerjaan telah mengganggu kesehatan:

1. Sering Bekerja Lembur
Bekerja keras memang penting untuk perkembangan karier Anda. Namun jangan terlalu sering lembur jika ingin kesehatan tetap terjaga. Menurut riset, bekerja terlalu lama bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, hingga depresi. Lembur yang mengurangi kualitas dan kuantitas tidur secara dratis juga akan menurunkan performa kerja Ketika pekerjaan terlalu banyak menuntut lembur apalagi hingga membuat Anda stres, sebaiknya minta waktu libur atau cari kantor baru.

2. Jarang Berdiri dari Meja
Kebanyakan orang bekerja dengan duduk di kursi. Pekerjaan seperti ini sepertinya memang nyaman karena tidak tampak tak butuh banyak tenaga. Namun terlalu banyak duduk justru bisa menyebabkan terganggunya kesehatan. Hal tersebut diketahui dapat meningkatkan risiko diabetes, obesitas, kanker, depresi, dan penyakit jantung. Jika penyakit-penyakit itu tidak dirasakan sekarang, terlalu banyak duduk mungkin sudah mengubah bentuk punggung Anda.

Baca juga: Dampak Stres karena Pekerjaan Pada Kesehatan Tubuh

Foto: infografis


3. Jarang Duduk
Sama seperti jarang berdiri, jarang duduk tentu juga berbahaya untuk kesehatan. Beberapa profesi yang umumnya menyediakan jasa sering membuat pekerjanya seperti tak pernah istirahat. Kondisi seperti ini sering dialami pekerja di restoran, rumah sakit, atau toko. Jika dibiarkan dalam waktu lama, jarang duduk bisa menggangu kesehatan kaki bahkan jantung. Apalagi jika Anda melakukannya dengan high heels.

4. Perjalanan ke Kantor Panjang
Perjalanan panjang menuju tempat kerja bukan hal aneh bagi profesional. Mungkin Anda tidak menyadari bahwa hal tersebut sebenarnya bisa menggangu kesehatan. Berdasarkan riset yang dilakukan di Inggris, pekerja dengan perjalanan ke kantor yang panjang menderita stres dan kecemasan. Berada di kendaraan lebih dari 30 menit juga berhubungan dengan tingkat kepuasaan dan kebahagiaan yang rendah.

5. Terpikir Pekerjaan Saat Malam
Sering terbangun ketika tidur malam lalu terpikirkan pekerjaan? Tampaknya karier sudah benar-benar mengganggu kesehatan. Pekerjaan yang sangat membebani pikiran memang bisa menggangu kualitas dan kuantitas istirahat. Hal itu pun nantinya bisa meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, infeksi, hingga kanker. Selain penyakit, kurang tidur akan membuat Anda mudah lupa dan rentan alami kecelakaan.

Baca juga: 8 Ciri Kamu Mengalami Burnout karena Pekerjaan


Artikel asli dipublikasikan di sini.(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit