detikhealth

Konsultasi Umum

Jakun Seperti Mengganjal Saat Menelan Ludah

Hanna Pratiwi - detikHealth
Kamis, 19/10/2017 19:07 WIB
Jakun Seperti Mengganjal Saat Menelan LudahFoto: thinkstock
Jakarta, Permisi Dok mau tanya, dari beberapa hari yang lalu saya mengalami sakit tenggorokan disertai demam yang cukup tinggi, namun sekarang demamnya sudah lumayan membaik, tapi sakit tenggorokannya belum begitu membaik.

Nah tapi anehnya, biasanya kalau sakit tenggorokan pada umumnya kan sakitnya di ujung atas leher sekitar bawah rahang, tapi yang saya alami ini sakitnya di ujung bawah leher di sekitar bawah jakun.

Terkadang batuk juga tapi tidak berdahak, namun kalau pas lagi keadaan kering untuk menelan ludah agak sakit seperti ada yang mengganjal, namun kalau untuk menelan makanan atau minuman sedikit hangat tidak begitu berasa sakitnya. Yang saya mau tanya itu kenapa ya Dok? Ada kiat-kiat apa yang perlu saya lakukan untuk menangani masalah ini? Terimakasih.

Rico (Laki-laki, 19 tahun)

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya Mas Rico. Sekilas dari keluhan anda, kemungkinan anda mengalami faringitis Akut. Namun, sayangnya saya tidak mendapatkan informasi apakah ada pengobatan yang telah anda lakukan sebelumnya?

Faringitis adalah peradangan yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Biasanya disertai demam sampai 40ºC, rasa gatal/kering di tenggorokan, lesu, nyeri sendi, nyeri menelan, dan penurunan nafsu makan. Bila daerah pita suara terkena dapat menimbulkan suara serak.

Perbanyak minum air putih untuk mengurangi gejala tenggorokan kering. Konsultasikan permasalahan anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari kemungkinan penyebab infeksi, bilamana disebabkan oleh bakteri, anda akan diberikan antibiotik agar keluhan berkurang.

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat. Terima kasih.

dr. Kevin William Hutomo
Dokter Umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit