detikhealth

Kanya Puspokusumo Buktikan Kursi Roda Bukan Penghalang untuk Berkarya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Jumat, 20/10/2017 15:30 WIB
Kanya Puspokusumo Buktikan Kursi Roda Bukan Penghalang untuk BerkaryaKursi roda bukan halangan untuk berkarya. Foto: Thinkstock
Jakarta, Kanya Puspokusumo (46) adalah seorang wanita hebat yang sukses dengan pekerjaannya sebagai penulis, penerjemah, dan editor berbagai bahasa. Tiada yang menyangka, Kanya merupakan penyandang Multiple Sklerosis (MS) suatu penyakit autoimun yang sempat membuatnya tertahan di kursi roda.

Namun baginya, kursi roda bukanlah suatu halangan untuk berkarya. Meskipun ada batasan karena gerak yang terbatas, bukan berarti orang yang duduk di atasnya tidak dapat terus berkarya.

"Di kursi roda bukan berarti tidak bisa berkarya. Saya ketika masih pake kursi roda saya pun masih berkarya, justru ide membuat yayasan ini (Indonesia Multiple Sclerosis Group) ketika saya masih di kursi roda. Saya berkerja sama dengan London membangun IMSG ketika saya masih di kursi roda," serunya dengan semangat dalam sebuah acara di Jakarta Convention Center, Jumat (20/10/2017).

Baca juga: Multiple Sclerosis, Penyakit 'Seribu Wajah' yang Bikin Dokter Garuk Kepala

Kuncinya, menurut Kanya adalah dengan tetap bersyukur dan mencoba berdamai dengan keadaan diri sendiri. Kanya pun mencoba untuk lebih bisa mengendalikan emosi agar bisa menjalani hidup dengan baik.

"Bisa berkegiatan sehari-hari senormal mungkin sudah kualitas hidup yang sangat baik bagi saya, jangan menganggap walaupun sakit tidak bisa apa-apa, sangat bisa (berkarya)," ujarnya.

Di tambah, Kanya mengingatkan bahwa kita semua harus mampu memelihara 'hope' atau harapan. Caranya tentu dengan belajar mengendalikan emosi berdamai dengan keadaan yang dihadapi sekarang. Siapapun yang sedang ada di kursi roda, ayo tunjukan karyamu pada dunia dan tetap semangat!

Baca juga: Sering Jatuh, Elisabeth Tak Sadar Dirinya Kena Multiple Sclerosis(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit