detikhealth

Seberapa Besar Sih Risiko Pengapuran Arteri akibat Olahraga Berlebihan?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sabtu, 21/10/2017 08:13 WIB
Seberapa Besar Sih Risiko Pengapuran Arteri akibat Olahraga Berlebihan?Ilustrasi olahraga (REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)
Jakarta, Sebuah penelitian di Mayo Clinics Proceedings mengungkap risiko coronary artery calcification (CAC) pada pria yang melakukan aktivitas fisik berlebihan. Ini bisa membuat was-was mereka yang senang olahraga.

Dalam penelitian itu, disebutkan bahwa pria yang berolahraga selama 7,5 jam dalam sepekan punya risiko 86 persen lebih besar untuk mengalami CAC atau pengapuran arteri jantung. Plak terbentuk di pembuluh darah akibat stres yang dipicu aktivitas fisik berlebihan.

Para ilmuwan yang melakukan penelitian ini mengakui ada beberapa faktor yang tidak dievaluasi dan menjadi keterbatasan dalam penelitian ini. Karenanya, ditegaskan bahwa temuan ini tidak untuk menakut-nakuti orang yang senang olahraga.

Sementara itu, Dr Deepak Bhatt dari Brigham and Women's Hospital di Boston juga memberikan pendapat senada. Menurutnya, hasil penelitian ini tidak berlaku pada hampir semua orang.

"Sebagian besar orang tidak sampai pada rentang olahraga yang demikian," katanya, dikutip dari health.com.

Baca juga: Tips Sehat Ala Wapres JK: Bergerak dan Menikmati Semua Hal

Sebaliknya, menurut Dr Bhatt orang-orang di Amerika Serikat justru lebih banyak yang tidak aktif secara fisik. Jangankan berlebihan, mendekati anjuran organisasi kesehatan dunia (WHO) sebanyak 30 menit sehari pun sulit dipenuhi.

Dalam penelitian tadi, disebutkan bahwa risiko CAC meningkat pada pria yang berolahraga 7,5 jam sepekan. Artinya jika diambil rata-rata maka mereka berolahraga lebih dari 1 jam dalam sehari, selama 7 hari penuh tanpa jeda istirahat.

Baca juga: Berlebihan Olahraga Juga Berbahaya, Ini Batasannya

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit