detikhealth

Peru Legalkan Ganja Medis

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sabtu, 21/10/2017 15:30 WIB
Peru Legalkan Ganja MedisFoto: REUTERS/Guadalupe Pardo
Jakarta, Minyak ganja untuk keperluan medis akan segera dilegalkan di Peru. Kongres telah menyetujui ganja medis untuk diproduksi, diimpor maupun diperjual-belikan.

Presiden Pedro Pablo Kuczynski mengajukan kebijakan tersebut setelah polisi menggerebek sekelompok ibu membuat minyak ganja. Mereka menggunakannya untuk pengobatan anak-anak dengan epilepsi.

"Regulasi untuk memproduksi dan mengkomersialisasi minyak ganja akan tertulis dalam 60 hari," kata Alberto Belaunde dari partai berkuasa, dikutip dari Reuters, Sabtu (21/10/2017).

"Ribuan pasien dan anggota keluarganya akan memiliki harapan dan kualitas hidup yang lebih baik," lanjutnya.

Baca juga: Argentina Legalisasi Penggunaan Minyak Ganja untuk Pengobatan

Beberapa negara di sekitar Peru, seperti Chili dan Kolombia telah lebih dulu melegalkan ganja atua marijuana untuk keperluan medis. Sementara itu, Uruguay melegalkannya untuk keperluan apapun.

Dikutip dari BBC, ganja medis digunakan untuk berbagai kondisi kesehatan. Di antaranya pada penyakit Chron, epilepsi, infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan sebagainya.

Seorang ibu memberikan minyak ganja pada anaknya yang sakit.Seorang ibu memberikan minyak ganja pada anaknya yang sakit. Foto: REUTERS/Guadalupe Pardo


Baca juga: Kolombia Melegalkan Penggunaan Ganja untuk Kesehatan

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit