detikhealth

Hati-hati Bila Ingin Pakai Lensa Kontak Khas Halloween

Firdaus Anwar - detikHealth
Minggu, 22/10/2017 11:15 WIB
Hati-hati Bila Ingin Pakai Lensa Kontak Khas HalloweenSalah satu atribut kostum yang sering digunakan pada perayaan halloween adalah lensa kontak. dokter menyarankan agar masyarakat hati-hati menggunakannya. Foto: Reuters
Jakarta, Menjelang akhir Oktober biasanya beberapa tempat umum merayakan pesta kostum halloween. Nah salah satu atribut yang sering digunakan biasanya adalah lensa kontak dengan warna atau corak unik.

Terkait hal tersebut dokter mata kembali mengingatkan agar jangan sembarangan memakainya. Beberapa lensa kontak khusus halloween tersebut kadang dibuat hanya untuk barang koleksi saja tanpa memikirkan faktor keamanan bila dipakai.

Baca juga: Dokter Angkat 27 Lensa Kontak dari Mata Wanita Ini

Spesialis bedah mata dr Badrul Hussain dari Moorfields Eye Hospital mengatakan setiap tahun ia sudah sering mengobati pasien yang matanya bermasalah akibat lensa kontak. Beberapa di antara pasiennya adalah anak-anak di bawah usia 16 tahun.

Bila melihat tren menurut dr Badrul jumlah pasien akan cenderung meningkat sekitar halloween.

"Dari beberapa kasus yang kita lihat kasus dengan dampak luar biasa bisa muncul karena pasien saling pinjam meminjam lensa kontak, memakai lensa yang sama meski sudah kedaluwarsa, dan menaruh lensa di air keran," kata dr Badrul dikutip dari BBC, Jumat (20/10/2017).

"Tidak tahu dasar-dasar cara aman memakai lensa kontak dapat membuat kamu lebih berisiko mengalami cedera mata. Pada kasus yang lebih buruk, kamu dapat kehilangan fungsi penglihatan permanen," lanjutnya.

Kehilangan fungsi penglihatan akibat lensa kontak bisa terjadi karena infeksi oleh bakteri atau mikroba lainnya. Selain itu bisa juga lapisan mata tergores akibat bahan yang digunakan pada lensa kontak tidak cocok untuk mata.

Baca juga: Pesta Halloween Jadi Kelabu Karena Lensa Kontak Nempel ke Bola Mata

(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit