detikhealth

Konsultasi Paru

Bronkitis Tidak Sembuh-sembuh, Perlukah Tes Mantoux?

Hanna Pratiwi - detikHealth
Minggu, 22/10/2017 13:05 WIB
Bronkitis Tidak Sembuh-sembuh, Perlukah Tes Mantoux?Batuk karena bronkitis tidak sembuh-sembuh, apakah harus tes tuberkulosis dengan mantoux? Simak penjelasan dokter paru berikut ini. Foto: Thinkstock
Jakarta, Selamat siang Dok, salam kenal dari saya. Anak saya berumur 5 tahun, sudah dirontgen dada, tertulis terkena bronkitis. Sudah berobat ke puskesmas sebanyak 5 kali, dan sudah UPA dan infrared sebanyak 3 kali, tapi sampai saat ini batuk dan pileknya masih belum sembuh.

Yang ingin saya tanyakan apakah anak saya perlu pengobatan 6 bulan tanpa terputus? Kedua apakah bronkitis dapat disembuhkan? Perlukah anak saya di tes mantoux? Mengingat makan anak saya banyak, tapi tidak gemuk-gemuk dengan berat hanya 15 kg, apakah bronkitis bisa menjadi flek atau penyakit paru-paru atau TBC? Mohon jawaban dan penjelasan dari Dokter, terimakasih.

Wulan (Perempuan, 41 tahun)

Jawaban

Mba Wulan yang budiman,

Batuk kronik pada anak yang tak kunjung reda lebih kepada hipersensitif atau alergik pada anak. Sebab anak dengan TB kecenderungan tidak batuk malah menurunnya berat badan.

Namun kita harus secara komprehensif membedakan karena ada klinis berat badan yang tidak naik naik. Pemeriksaan Tes Mantoux boleh dilakukan disertai pemeriksaan skor untuk TB.

Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher, bila ada dan banyak jumlahnya lebih mengarah TB paru.

dr Frans Abednego Barus, SpP
Spesialis paru lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Sekretaris Perhimpunan Dokter Paru Indonesia cabang Banten.(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit