detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Keluar Sperma Saat Buang Air Besar

Minggu, 22/10/2017 17:02 WIB
Keluar Sperma Saat Buang Air BesarPernah mengalami keluar cairan mirip sperma dari Mr. P saat buang air besar? Apa sebabnya? Foto: Thinkstock
Salam hangat Dok, ingin tanya, kenapa ya Dok sperma keluar saat BAB (Buang Air Besar) bukan saat masturbasi? Apa ada yang salah Dok? Terimakasih ya Dok jawabannya.

Jawaban

Harus dibedakan cairan sperma yg keluar dengan ejakulasi. Jelasnya, ejakulasi dipicu oleh rangsangan birahi yg memuncak, akibat rabaan sensual pada zona erotik tubuh atau oleh rangsangan visual yg eksotik.

Yang Anda alami saat BAB keluar cairan dari penis, besar kemungkinan karena efek meneran (mengejan) yg memicu kelenjar-kelenjar reproduksi sekitar penis, antara lain kelenjar prostat, vesika seminalis. Bila diteliti dengan mikroskop, cairan ini tidak mengandung sel jantan (spermatozoa) yg diproduksi dalam buah zakar. Sel jantan akan keluar saat ejakulasi.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit