detikhealth

Jangan Asal Ikut-ikutan Menutup Bagasi Pakai Kaki Jika Tak Mau Seperti Ini

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 24/10/2017 07:40 WIB
Jangan Asal Ikut-ikutan Menutup Bagasi Pakai Kaki Jika Tak Mau Seperti IniBaru-baru ini muncul tren kebugaran menutup bagasi mobil dengan kaki. Jika tertarik menirunya, jangan asal melakukannya jika tak ingin cedera. Foto: huanqiu
Jakarta, Baru-baru ini muncul tren kebugaran yang aneh di jagat maya. Tepatnya dilakukan oleh wanita di China yang unjuk kebolehan menutup bagasi mobil dengan menggunakan kaki.

Tantangan tersebut berawal dari sebuah video viral yang memperlihatkan seorang ibu muda harus menutup bagasi mobil menggunakan kaki, karena kedua tangannya tengah menggendong bayi dan tas. Tak disangka, aksi ini banyak yang mengikuti.

Namun, menurut spesialis kedokteran olahraga, dr Angelica Anggunadi, SpKO dari Program Studi Ilmu Kedokteran Olahraga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), untuk bisa melakukannya tentu dibutuhkan kemampuan, seperti kelenturan, kekuatan otot, serta keseimbangan tubuh.

Baca juga: Tren Kebugaran Paling Kekinian: Menutup Bagasi Pakai Kaki

"Untuk bisa melakukan gerakan menutup bagasi dengan kaki tersebut secara aman, seseorang membutuhkan: 1. Kelenturan sendi panggul & pinggang, 2. Kekuatan otot perut, pinggang dan paha, 3. Keseimbangan tubuh, yang sangat baik," tutur dr Angelica saat dihubungi detikHealth.

Menutup bagasi pakai kakiMenutup bagasi pakai kaki Foto: huanqiu

Dikatakan dr Angelica, tanpa ketiga hal tersebut, maka seseorang yang memaksa melakukan tren kekinian tersebut dapat mengalami cedera otot atau overstretched pada otot-otot paha dan juga pinggang. Selain cedera pada otot, bisa juga terjadi cedera pada tulang belakang dan syaraf tulang belakang akibat gerakan menekuk pinggang ke belakang yang berlebihan.

"Cedera lainnya yg mungkin terjadi adalah akibat terjatuh ke salah satu arah saat mencoba menyeimbangkan tubuh," dr Angelica menambahkan.

Baca juga: Ingin Meniru Tantangan Menutup Bagasi Pakai Kaki? Kuasai Dulu Trik Ini

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit