detikhealth

Hari Dokter Nasional, Mahasiswa Ungkap Alasan Pilih Kuliah Kedokteran

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Selasa, 24/10/2017 12:04 WIB
Hari Dokter Nasional, Mahasiswa Ungkap Alasan Pilih Kuliah KedokteranHari Dokter Nasional, mahasiswa ungkap alasan pilih kuliah kedokteran. Foto: ilustrasi dokter perempuan/thinkstock
Jakarta, Tepat setiap tanggal 24 Oktober adalah Hari Dokter Nasional yang bertujuan untuk menghargai jasa para dokter atas pengabdiannya kepada masyarakat luas. Nah, ditengah banyaknya profesi yang ada, detikHealth mencoba mewawancarai beberapa mahasiswa yang akhirnya memilih untuk berkecimpung di bidang kedokteran.

Salah satunya adalah James Marcus (21) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang menuturkan alasannya menjadi dokter karena profesi ini merupakan sebuah tindakan moral kemanusiaan yang nyata.

"Dunia kedokteran jelas adalah dunia yang kaitannya dengan kemanusiaan tinggi. Kalau orang bilang dokter pekerjaan mulia ya karena tujuan tertingginya adalah berusaha mempertahankan dan meningkatkan kehidupan seseorang melalui pelayanan kesehatan," ujar James melalui pesan di sosial media.

Baca juga: 5 Pesan Menkes di Hari Kesehatan Nasional Agar Masyarakat Sehat dan Kuat

Sementara itu, Putri Soraya (25) dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia menyebutkan profesi dokter yang sudah menjadi cita-citanya sejak kecil ini memang memiliki arti yang mendalam untuk dirinya secara pribadi. Kenginannya yang sangat kuat adalah untuk menolong sesama dengan ilmu yang ia miliki.

"Alasan saya ingin menjadi dokter karena seorang dokter menolong orang tidak perlu menggunakan uang tapi cukup dengan ilmu yang kita punya. Terlebih, semua orang pasti ingin sehat," katanya.

Sama halnya dengan teman-teman yang lain, Mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Moestopo, Finza Aulia (21) mengungkapkan alasannya memilih berkecimpung di dunia medis karena merasa dokter adalah profesi yang mulia.

"Cita-cita sederhana saya sejak kecil adalah dapat menolong orang. Dokter adalah pekerjaan yang mulia, saya ingin mengabdi sambil beribadah. Terakhir, melihat orang tersenyum indah menjadi kepuasan tersendiri untuk diri saya," tuturnya.

Terlepas dari itu, detikHealth percaya bahwa setiap bidang dan profesi apapun dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas dengan latar belakang ilmu yang dimiliki. Kalau Anda yang juga bergerak dibidang kedokteran, alasan apa yang membuat Anda terpanggil untuk bergabung? Tuliskan di kolom komentar ya.

Baca juga: Harapan Dokter Daerah Perbatasan di Hari Kebangkitan Nasional(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit