detikhealth

Konsultasi Umum
dr Kevin William Hutomo

Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com

Batuk Berdahak Bunyinya 'Glung-glung' Berbahayakah?

Hanna Pratiwi - detikHealth
Rabu, 25/10/2017 07:34 WIB
Batuk Berdahak Bunyinya Glung-glung Berbahayakah?Batuk berdahak 2 minggu dan sudah minum obat herba, disertai suara 'glung-glung' apakah berbahaya? Simak penjelasan dokter berikut ini. Foto: Thinkstock
Jakarta, Dok saya mau tanya. Sudah 2 minggu lebih saya batuk tidak sembuh-sembuh. Saya sudah coba minum obat dari apotek, juga sudah minuman herbal ala rumahan, seperti jahe jeruk dan lain-lain. Batuk saya kadang berdahak kadang kering. Tiap batuk sampai suaranya 'glung-glung' gitu Dok. Kira-kira itu berbahaya atau tidak ya? Soalnya dari sebelum-sebelumnya tiap batuk juga selalu lebih dari sebulan.

Ariska (perempuan, 22 tahun)

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya. Batuk merupakan mekanisme pertahanan saluran pernafasan atas dalam melindungi organ paru-paru. Batuk juga boleh jadi merupakan upaya dalam mengeluarkan zat asing dari dalam paru-paru agar saluran nafas dalam keadaan bersih tanpa ada nya sumbatan berupa lendir ataupun benda asing yang tidak sengaja masuk ke dalam paru-paru.

Sayangnya saya kurang mendapatkan informasi mengenai warna dahak Anda pada saat ini, karena warna dahak dapat menjadi indikator terjadinya suatu infeksi pada paru-paru.

Sebaiknya anda memeriksakan keluhan anda ke dokter setempat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta penilaian perlu atau tidaknya batuk anda diberikan terapi antiobiotik.

Karena apabila penyebab batuk Anda merupakan infeksi bakteri dan tidak diobati dengan menggunakan antibiotik, keluhan batuk yang anda rasakan dapat dipastikan tidak akan berkurang karena penyebabnya belum teratasi.

Terima kasih, semoga informasi yang saya berikan bermanfaat.

dr. Kevin William Hutomo
Dokter Umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit