detikhealth

Konsultasi Umum

Hidung Selalu Beringus, Sinus atau Alergi?

Hanna Pratiwi - detikHealth
Rabu, 25/10/2017 18:16 WIB
Hidung Selalu Beringus, Sinus atau Alergi?Hidung kerap beringus karena sinusitis atau alergi? Foto: Thinkstock
Jakarta, Hampir setiap hari pagi atau malam selalu beringus. Tapi ingusnya putih seperti air dan keluarnya terus menerus, setelah itu berhenti dan kembali normal seperti biasa. Selang berapa jam atau kadang 1 hari kemudian baru muncul lagi. Tapi kalau bersih setiap hari dan itu berulang-ulang. Sampai kadang pada waktu tidur dari hidung sampai mulut penuh dengan cairan putih tersebut. Apakah itu sinus yah Dok? Terimakasih Dok.

Chatarina (Perempuan, 22 tahun)

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya. Gejala yang Anda ceritakan merupakan gejala-gejala alergi, ingus yang bening, bersin berulang khususnya saat pagi dan malam hari (saat suhu udara biasanya lebih dingin). Dalam keadaan alergi biasanya saluran napas kita akan memproduksi lebih banyak mukus (lendir) sehingga lendir tersebut akan keluar secara terus menerus hingga suhu udara lebih hangat dan keadaan alergi berangsur-angsur menghilang.

Cairan putih yang terkumpul saat anda tidur merupakan lendir yang terakumulasi, saat alergi biasanya saluran nafas akan tersumbat di bagian hidung, sehingga lendir akan mengalir ke bagian belakang hidung dan masuk ke rongga belakang mulut dalam dunia kedokteran gejala ini dikenal dengan nama post nasal drip.

Post nasal drip adalah salah satu gejala dari sinusitis. Ada baiknya Anda mengkonsultasikan keadaan Anda ke dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan untuk mengurangi keluhan-keluhan yang anda rasakan saat ini.

Terima kasih, semoga informasi yang saya berikan bermanfaat.

dr. Kevin William Hutomo
Dokter Umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit