detikhealth

Soal Revolusi Putih, Menkes: Makan Harus Gizi Seimbang

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jumat, 27/10/2017 09:40 WIB
Soal Revolusi Putih, Menkes: Makan Harus Gizi SeimbangMenkes Nila mengomentari lebih lanjut seputar usulan revolusi putih dari Prabowo. Simak penjelasannya berikut ini. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto tengah kembali mengusulkan Revolusi Putih. Usulannya disampaikan melalui adiknya, Hashim Djojohadikusumo kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yakni agar anak-anak mendapat asupan susu yang cukup.

Di lain kesempatan, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof Dr dr Nila F. Moeloek, SpM(K) mengatakan bahwa susu memang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan tulang. Namun asupan protein di dalamnya bisa diganti dengan sumber makanan lain.

"Susu ini untuk diberikan pada hitunglah sampai dewasa pun sampe orangtua pun minum, karena susu mengandung kalsium untuk kebutuhan tulang dan lainnya. Ini juga ada di ikan. Jadi saya lihat negara ini 70 persen laut, kebetulan kita banyak sungai yang banyak ikannya. Ikan ini sama dengan susu. Jadi ada proteinnya ada lemaknya yang sehat, ada DHA," ujarnya setelah melakukan jalan sehat di Kementerian Kesehatan RI, Jumat (27/10/2017).

Baca juga: Susu Prabowo vs Ikan Menkes Nila F. Moelok

Meskipun ada beberapa orang yang mengalami alergi terhadap ikan, menurut Menkes Nila asupan protein dan nutrisi lainnya bisa bersumber dari kacang-kacangan, telur, ataupun daging lainnya.

"Jadi kalau saya alergi dengan makanan laut ya tentu saya mencari makanan lain. Artinya ayam bisa, telur bisa, daging bisa. Apa saja protein bisa kita ganti dengan tahu tempe," tambahnya.

Berkali-kali Menkes Nila menegaskan bahwa yang terpenting adalah mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, mencakup karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

"Sebenarnya kita dulu 4 sehat 5 sempurna betul, protein, karbo, vitamin, mineral, dan kalau memungkinkan yang kelima itu minum susu. Dan sekarang sudah terjadi perubahan, yaitu gizi seimbang," jelasnya.

Baca juga: Revolusi Putih Usulan Prabowo yang Ditentang Menkes

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit