detikhealth

Pasca Alami Luka Bakar, Ini Saran Dokter Untuk Merawatnya

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 27/10/2017 18:35 WIB
Pasca Alami Luka Bakar, Ini Saran Dokter Untuk MerawatnyaKulit harus mendapat perawatan intensif untuk cepat pulih dari luka bakar. (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Menyembuhkan luka bakar, apalagi luka bakar dengan tingkat yang keparahan cukup serius, seperti kasus korban selamat pasca ledakan pabrik kembang api di Kosambi, Tangerang, tentunya membutuhkan perawatan yang khusus. Seperti apa?

Dokter spesialis kulit dari klinik D&I Skin Centre, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, atau yang akrab disapa dr Darma mengatakan bahwa perawatan luka bakar tergantung dari jenis atau derajat luka bakar yang dialami. Secara umum, untuk mencegah infeksi pada luka bakar tersebut perlu perawatan yang baik, salah satunya dengan menggunakan cairan infus atau Nacl 0,9%.

"Pengobatan luka bakar tergantung pada tingkat keparahan luka bakar yang terjadi. Untuk mencegah infeksi luka sebaiknya dirawat dengan baik. Gunakan cairan infus (Nacl 0,9%)," kata dr Darma, saat dihubungi detikHealth.

Baca juga: Ledakan Kosambi, Begini Pertolongan Pertama pada Korban Luka Bakar Parah

Lanjut ia, untuk mempercepat proses penyembuhan, kelembaban luka harus senantiasa terjaga. Selain dapat ditutup dengan menggunakan perban, bisa juga menggunakan krim atau salep yang mengandung bahan-bahan yang bersifat melembabkan dan anti infeksi sehingga luka lebih cepat kering.

"Setelah luka mengering sebaiknya keropeng jangan dikelupas, biarkan lepas sendiri sehingga kulit di bawahnya menjadi normal," saran dr Darma.

dr Darma menambahkan, perhatikan pula asupan makanan, terutama makanan yang mengandung protein. Sebab menurutnya, makanan juga bisa membantu untuk menutrisi jaringan.

Baca juga: Belajar dari Ledakan Kosambi, Ini Langkah Tangani Korban Luka Bakar(hrn/fds)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit