detikhealth

Artikel 18+

Bercinta Setengah Jam Bakar Kalori Serupa Latihan di Treadmill

Erika Kurnia - detikHealth
Sabtu, 28/10/2017 08:35 WIB
Bercinta Setengah Jam Bakar Kalori Serupa Latihan di TreadmillKalori yang terbakar pada satu sesi bercinta rata-rata setara setengah jam lari di treadmill. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Semakin sering pasangan berhubungan seks, bukan hanya cinta yang akan berkembang tapi juga kemajuan untuk mengurangi berat badan. Pengukuran ahli melihat bahwa menghabiskan waktu setengah jam sampai satu jam bisa membakar kalori sebanyak latihan di treadmill.

Sebuah studi kecil 2013 di Inggris melihat bagaimana kegiatan seks di atas ranjang nyaris bersaing dengan menghabiskan waktu olahraga di atas treadmill selama 30 menit. Studi mencatat, seks membakar rata-rata 3 kalori per menit untuk wanita, dan 4 kalori per menit untuk pria.

Setiap sesi seks dalam penelitian berlangsung antara 10 dan 57 menit, artinya pembakaran kalori maksimum untuk wanita adalah 177, dan untuk pria 239. Sementara itu, setengah jam di treadmill menghasilkan rata-rata pembakaran kalori 213 untuk wanita, dan 276 untuk pria.

Namun, kebanyakan orang perlu memastikan detak jantung mereka di atas 120 agar tubuh bisa benar-benar membakar kalori, kata Tom Holland, ahli fisiologi olahraga dan ahli gizi bersertifikat, seperti dikutip dari Health, Jumat (27/10/2017).

Baca juga: Mana Lebih Banyak Bakar Kalori: Bertinju, Lari atau Bercinta?

"Aktivitas intensitas yang lebih rendah (seperti seks) akan membakar lebih banyak kalori dari lemak, yang bagus, namun membakar lebih sedikit kalori secara keseluruhan," katanya.

Baiknya, kegiatan seks membantu membentuk otot bila posisi tertentu dilakukan. "Berhubungan seks mungkin tidak membakar satu ton kalori, tapi hubungan seks melibatkan banyak gerakan di inti tubuh Anda," kata Holland.

Posisi seks yang direkomendasikan sebagai jalan untuk melatih tubuh dan membakar kaloris seperti "woman on top" atau wanita di atas, atau seks dalam posisi berdiri. "Pilih posisi yang berfokus pada komponen otot dan kardiovaskular," kata Holland.

Baca juga: Manakah Posisi Bercinta yang Paling Banyak Bakar Kalori? Ini Bocorannya(fds/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit