detikhealth

Jusuf Kalla Sarankan Ubah Pola Makan dengan Kecilkan Piring Makanmu

Widiya Wiyanti - detikHealth
Senin, 30/10/2017 12:14 WIB
Jusuf Kalla Sarankan Ubah Pola Makan dengan Kecilkan Piring MakanmuFoto: Thinkstock
Jakarta, Indonesia adalah negara pertama yang menggelar Forum Pangan di Asia Pasifik. Hal ini adalah salah upaya untuk transformasi pengetahuan dan pola makan masyarakat.

Forum ini resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, H. M. Jusuf Kalla di Hotel Shangri-La di bilangan Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017). JK mengatakan bahwa untuk meningkatkan ketahanan pangan diperlukan kerjasama antar stakeholder terkait.

"Untuk stabilitas di Indonesia harus ada peningkatan produktifitas di atas tiga persen. Harus ada swasembada pangan agar mencapai food stability," ujarnya.

Baca juga: Dipicu Tren Pamer Tulang di Instagram, Gangguan Pola Makan Makin Mengancam

Menurutnya untuk mencapai stabilitas pangan, masyarakat harus mengubah pola makan dengan tidak membuang-buang makanan setiap hari.

"Di beberapa tempat di dunia, orang menyediakan makanan berlebihan. Biasanya hanya di makan 50-70 persen. 20 persennya dibuang," jelas JK.

Untuk mengurangi pembuangan makanan yang berlebihan, JK menyarankan untuk mengurangi porsi makan dengan cara mengecilkan piring makan.

"Di Afrika mengecilkan piring, itu yang harus dicontoh. Jangan mubazir, berapa ton makanan yg dibuang perhari. Agama mengatakan mubazir itu hal yang tidak perlu," tutupnya.

Baca juga: WHO: Obesitas Anak dan Remaja Meningkat 10 Kali Lipat

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit