detikhealth

Nyata! Pilek Tak Sembuh-sembuh, Rupanya Ada Gigi Tumbuh di Hidung

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 31/10/2017 08:38 WIB
Nyata! Pilek Tak Sembuh-sembuh, Rupanya Ada Gigi Tumbuh di HidungFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Seorang perempuan mengalami pilek menahun, hidungnya mampet tidak sembuh-sembuh. Betapa kagetnya saat diperiksa, ternyata ada gigi utuh tumbuh di rongga hidungnya.

Selama puluhan tahun, perempuan berusia 57 tahun di China tersebut mengalami hidung tersumbat dan sesekali berdarah. Dokter di Provinsi Hunan menemukan gigi di rongga hidungnya saat melakukan pemindaian untuk mencari penyebab radang kronis.

Dokter berusaha mengeluarkan benda tersebut, tetapi tidak mudah. Gigi yang terbentuk benar-benar utuh, lengkap hingga akarnya. Untuk mengeluarkannya, dokter harus mengupas beberapa lapisan.

Dalam dunia medis, gigi ekstra seperti ini disebut supernumerary teeth. Sepertinya tidak masuk akal, tetapi sebuah penelitian tahun 2011 menyebut kondisi seperti ini ditemukan pada 4 persen populasi. Penelitian yang dimuat di Journal of Conservative Dentistry tersebut menyebut, extranumerary teeth 2 kali lebih sering ditemukan pada laki-laki dibanding pada perempuan.

Baca juga: Remaja Laki-laki 'Melahirkan' di Grobogan, Ternyata Begini Ceritanya

Biasanya, supernumerary teeth tumbuh di maxilla yakni bagian atas tulang rahang. Gigi tersebut cenderung tumbuh ke bawah bersama tanggalnya gigi susu. Tapi kadang, menurut sebuah publikasi tahun 2012, gigi semacam ini juga tumbuh mengarah ke hidung.

Dikutip dari Livescience, tidak diketahui apa penyebab seseorang bisa memiliki extranumerary teeth. Namun diyakini, faktor genetik turut berperan pada kemunculan gigi ekstra semacam ini.

Baca juga: Ramai di Medsos, Bocah di Kalsel Tidur 10 Hari Akibat Penyakit Aneh

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit