detikhealth

Artikel 18+

Bercinta Saat Masih Menstruasi Pengaruhi Risiko Kanker Serviks

Firdaus Anwar - detikHealth
Selasa, 31/10/2017 17:17 WIB
Bercinta Saat Masih Menstruasi Pengaruhi Risiko Kanker ServiksSebaiknya tunggu menstruasi istri selesai sebelum berhubungan badan. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Ketika seorang wanita menstruasi segala macam 'kotoran' yang ada di organ reproduksinya dikeluarkan bersamaan dengan darah. Oleh sebab itu para ahli kesehatan sangat tidak menyarankan pasangan berhubungan badan saat istri masih di tengah siklus menstruasi.

Bila masih nekat juga maka akan ada risiko mulai dari infeksi, endometriosis, bahkan hingga kanker serviks seperti dijelaskan oleh dr Amy Cynthia de Meriyenes dari Female Cancer Program Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Menurut dr Amy ketika pasangan suami istri bercinta di tengah siklus menstruasi maka virus bisa masuk menjangkiti istri yang sistem imunnya sedang turun. Virus penyebab kanker serviks, human papillomavirus (HPV), bisa ada di mana-mana termasuk juga penis suami.

"Pada saat menstruasi tubuh paling rentan karena ibaratnya rahim lagi dikerok dibersihkan sampai habis ke bawah vagina. Saat itu rentan sekali infeksi, makanya kalau tidak bersih saat menstruasi bisa jadi keputihan," kata dr Amy ketika ditemui di Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) Cibubur, Selasa (31/10/2017).

Baca juga: Sebulan Menstruasi Tak Berhenti, Ternyata Kena Kanker Serviks

"Penis fitrahnya kotor kalau masuk terjadi friksi ada luka itu yang jadi infeksi... Bisa HPV-nya dari situ ditunjang kekebalan tubuhnya enggak bagus sehingga bertahun-tahun kemudian enggak pernah periksa akhirnya jadi kanker serviks," lanjut dr Amy.

dr Amy menyarankan agar pasangan sabar menunggu sampai menstruasi selesai bila ingin bercinta. Selain itu sebagai langkah pencegahan juga tidak ada salahnya untuk mendapatkan vaksinasi HPV.

"Kalau kita sedang menstruasi, haid, banyak-banyaknya pasti juga kan rasanya tidak nyaman berhubungan," pungkas dr Amy.

Baca juga: Risiko Nekat Bercinta Saat Haid: Terjadi Infeksi Hingga Endometriosis(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit