detikhealth

Artikel 18+

Ouch! Saraf Kejepit Bisa Pengaruhi Kemampuan Ereksi

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 02/11/2017 18:10 WIB
Ouch! Saraf Kejepit Bisa Pengaruhi Kemampuan EreksiLaki-laki yang mengalami saraf kejepit bisa mempengaruhi kemampuan ereksi. Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Masalah saraf kejepit adalah sebuah momok bagi penderitanya, terlebih bagi laki-laki. Meski kaitannya tak langsung, pada laki-laki yang mengalami saraf kejepit dapat memengaruhi kemampuan ereksi saat bercinta. Kok bisa?

"Kalau saraf kejepit itu di bagian pinggang, itu ada yang bisa menyebabkan gangguan otonom, pada laki-laki dia tidak bisa ereksi, itu namanya cauda equina syndrome," demikian kata dokter spesialis bedah saraf, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, atau yang akrab disapa dr Ryu dari Mayapada Hospital.

dr Ryu melanjutkan, apabila sudah terkena cauda equina syndrome, muncul dampak seperti nyeri hebat, adanya kelumpuhan parsial atau total, tidak bisa menahan kencing maupun BAB, serta dia tidak bisa ereksi.

Baca juga: Ini Gejala-Gejala Saraf Kejepit yang Perlu Diperhatikan

"Kalau ini terjadi, golden time-nya hanya 24 jam. Lebih dari itu, nggak bisa hilang," imbuh dr Ryu.

Berkaitan dengan hal tersebut, pakar kesehatan seksual, dr Andri Wanananda MS mengatakan bahwa saraf kejepit memang amat memungkinkan munculnya keluhan disfungsi ereksi. Maka itu, dr Andri menyarankan untuk obati saraf kejepit terlebih dahulu.

"Sebaiknya, obati dulu saraf yang terjepit terlebih dahulu. Masalahnya, persarafan parasimpatis yang mengatur ejakulasi dan ereksi penis terletak pada sumsum ruas tulang belakang," pungkas dr Andri.

Baca juga: Dengan Cara Ini, Perbaiki Saraf Kejepit Tak Perlu Operasi Besar


(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit