detikhealth

Marcelino Lefrandt Jaga Tubuh Kekar Berotot dengan Kalistenik

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Jumat, 03/11/2017 07:02 WIB
Marcelino Lefrandt Jaga Tubuh Kekar Berotot dengan KalistenikFoto: Instagram @marcelinolefrandt
Jakarta, Aktor ganteng Marcelino Lefrandt masih memiliki tubuh kekar dan berotot di usianya yang 43 tahun. Dilihat dari instagramnya, Marcelino kerap mengunggah foto-foto sedang berolahraga.

Uniknya, sebagian besar foto yang diunggah Marcelino adalah fotonya yang berolahraga tanpa menggunakan alat berat. Kepada detikHealth baru-baru ini, Marcelino mengatakan olahraga tersebut dikebal sebagai olahraga kalistenik atau calisthenic.

Baca juga: Macho! Bugarnya Marcelino Lefrandt di Usia 43 Tahun

"Jadi kalistenik itu kan olahraga yang mengangkat body weight, jadinya angkat badan sendiri. Selain menguatkan otot, kalistenik juga menguatkan tulang kita," ungkap Marcelino.

Olahraga kalistenik tergolong mudah dilakukan. Selain tak menggunakan alat berat, olahraga kalistenik juga bisa dilakukan di mana saja, baik itu di rumah, di gym, ataupun di jalanan.

Marcelino sendiri mengatakan kalistenik adalah olahraga yang bisa dilakukan siapa saja dan bersifat menyenangkan. Menurutnya, olahraga harus dilakukan dengan seru dan tanpa stres agar manfaatnya lebih maksimal.

"Kalau di gym kan bisa stres, misalnya sebelah kita angkat beban, angkatannya lebih berat dari kita, padahal badannya lebih kecil, ha ha ha," ujarnya sembari tertawa.



Keuntungan lainnya olahraga kalistenik menurut Marcelino adalah ia bisa menghabiskan waktu bersama anak sekalian berolahraga. Salah satu contohnya adalah ketika ia dan anak-anaknya bermain menggunakan monkey swing sebagai bagian dari olahraga.

"Kalau di playground kan ada yang bisa kita buat gelantungan gitu kan, nah anak-anak bisa juga ikutan. Sekalian mengenalkan mereka kepada olahraga sejak dini," tutupnya.



Baca juga: Punya Tubuh Berotot, Marcelino Lefrandt Bagikan Tips Dietnya

(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit