detikhealth

Artikel 18+

Hii! Punya Penis Bengkok, Risiko Terserang Kanker Meningkat

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Jumat, 03/11/2017 17:04 WIB
Hii! Punya Penis Bengkok, Risiko Terserang Kanker MeningkatPenis bengkok akibat penyakit Peyronie meningkatkan risiko terserang kanker testis, kulit dan juga perut. Simak selengkapnya berikut ini. Foto: Thinkstock
Jakarta, Penyakit Peyronie tidak hanya membuat penis menjadi bengkok dan nyeri ketika ereksi. Sebuah studi terbaru mengungkap penyakit Peyronie juga membuat risiko pria mengidap kanker meningkat.

Tidak hanya satu jenis kanker, studi yang dilakukan oleh Dr Alexander Pastuszak dari Baylor College of Medicine, Houston, Texas, mengatakan pengidap penyakit Peyronie berisiko mengalami peningkatan risiko kanker testis, kanker kulit dan juga kanker perut.

Baca juga: Pria dengan Mr P Bengkok Rentan Disfungsi Ereksi, Benar atau Tidak?

Hasil penelitian kepada 1,5 juta partisipan menyebut penyakit Peyronie meningkatkan risiko kanker testis hingga 40 persen, melanoma atau kanker kulit 29 persen, dan kanker perut sebesar 40 persen. Peneliti menduga peningkatan risiko ini berhubungan dengan sifat genetik sel penyebab penyakit Peyronie.

"Penelitian kami menemukan bahwa mutasi gen yang menyebabkan penyakit Peyronie dan tiga jenis kanker ini memiliki hubungan seperti ayah dan anak. Mengidap penyakit Peyronie membuat Anda juga berisiko mengalami kanker testis, melanoma dan kanker perut," ujarnya, dikutip dari berbagai sumber.

Penyakit Peyronie merupakan salah satu penyakit yang biasanya muncul pada permukaan penis, baik atas maupun bawah, berupa benjolan kulit yang mengeras berupa plak. Plak ini kemudian membuat penis tampak melengkung saat ereksi dan bahkan bisa menimbulkan nyeri yang cukup hebat.

"Sampai saat ini penyebab pasti penyakit Peyronie belum ditemukan. Namun untuk kanker, jelas skrining dan pemeriksaan berkala merupakan solusi agar penyakit tidak menjadi lebih parah," ujarnya.

Baca juga: Ukuran Mr P Menyusut? Ini Bisa Jadi Penyebabnya

(mrs/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit